Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 13:03 WIB | Jumat, 07 Agustus 2015

PM Jepang akan Sampaikan Penyesalan Terkait PD II

PM Jepang, Shinzo Abe. (Foto: AFP).

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada hari Kamis (6/8) menyatakan akan meyampaikan “penyesalan” terkait Perang Dunia II. Pernyataannya itu sangat dinantikan bulan ini dan komentarnya menimbulkan pertanyaan terkait apakah dia akan mengulangi permintaan sebelumnya.

Shinzo Abe menyiapkan komentarnya untuk peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II, yang akan dipublikasikan menjelang 15 Agustus, saat Jepang mengumumkan kekalahannya kepada sekutu.

“Saya akan menyampaikan penyesalan terkait perang masa lalu, arah pascaperang kita sebagai negara pasifis, dan cara Jepang harus berkontribusi lebih lanjut di kawasan Asia Pasifik dan dunia pada waktu mendatang,” kata Shinzo Abe kepada wartawan.

Pemimpin nasionalis itu juga mengatakan dia akan mengikuti permintaan maaf eksplisit dari perdana menteri sebelumnya atas masa lalu Jepang “secara keseluruhan”.

Shinzo Abe berulang kali menyinggung kebutuhan untuk apa yang dia sebut sebagai “sikap memandang ke depan” yang mengonsentrasikan pada perang positif, yang dimainkan Jepang sejak menyerah dan terus dijalankan.

Hal itu memicu kekhawatiran di Tiongkok dan Korea, dengan kedua negara menderita akibat ekspansi imperial Jepang. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home