Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 09:29 WIB | Rabu, 24 Juni 2015

PM Singapura Resmikan Projek Perluasan Pelabuhan Senilai $ 3,5 Miliar

Lee Hsien Loong (kemeja pink, tengah) berbicara kepada media seusai peresmian projek III dan IV Pasir Panjang. (Foto: channelnewsasia.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong meresmikan projek perluasan kawasan pelabuhan Pasir Panjang, Singapura. Pengerjaan projek tersebut bernilai  3,5 miliar dolar Singapura

Menurut channelnewsasia.com, Selasa (24/6) projek baru tersebut dikenal sebagai Terminal Pasir Panjang Fasa 3 dan 4, pembangunan diperkirakan selesai 2017.

Lee menyebut apabila pelancaran dermaga-dermaga fase baru di terminal tersebut lancar diperkirakan akan mampu menyediakan lebih banyak lagi tempat bagi kapal untuk berlabuh.

Lee memperkirakan pelebaran tersebut akan mampu menampung hingga 50 juta kontainer dalam satu tahun.

“Situs tersebut terletak di areal hijau,  sehingga kita bisa menggunakan teknologi canggih dan fundamental untuk mengendalikan pelabuhan,” kata Lee.

Lee menyebut pengendalian data dan jumlah muatan di pelabuhan akan menggunakan analisis data yang akurat dan terkomputerisasi.

“Saat ini mungkin, kita akan melihat teknologi canggih yang akan digunakan Singapura untuk menaikkan daya saing ekonomi di Asia,” dia menambahkan.

Dia menambahkan bahwa industri maritim menciptakan mata pencaharian yang diperkirakan mencapai 170.000 orang.

Pelabuhan Pasir Panjang merupakan salah satu bagian dari Port of Singapore Authority (PSA), apabila melihat posisi Singapura yang berada pada jalur perdagangan dunia maka posisi pelabuhan penting.

Saat ini PSA telah terkoneksi kepada sekitar 600 pelabuhan di dunia. Agar pelayanan terhadap konsumen maksimal, PSA harus mempunyai fasilitas yang memadai.

PSA mengoperasikan 5 terminal petikemas yaitu Tanjong Pagar Terminal, Keppel Terminal, Brani Terminal, Pasir Panjang Terminal 1&2, Pasir Panjang Phase 3&4 dan telah melayani 31,26 juta TEU’s pada tahun 2012. Kelima terminal tersebut dikelola langsung oleh PSA International Pte Ltd dengan tiga perusahaan utama yang berada di bawahnya yaitu PSA Singapore Terminals, PSA HNN, dan PSA Marine. Secara total, perusahaan tersebut mengoperasikan 28 pelabuhan di 16 negara Asia, Eropa, dan Amerika dengan total kapasitas global mencapai 111 juta TEUs dengan panjang dermaga mencapai 66 km. Saat ini, PSA memposisikan diri sebagai transhipment port (hub port) sebesar 85% dan sisanya merupakan pelayanan  pelabuhan untuk kepentingan perusahaan yang ada di Singapura. PSA menyediakan pelayanan maritim dan shipping. (channelnewsasia.com/singaporepsa.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home