Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:00 WIB | Selasa, 16 Desember 2014

PMI Kumpulkan Relawan Donor Darah 17 Provinsi

Malam ramah tamah pertemuan pendonor darah sukarela (DDS) 100 kali atau lebih selaku penerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial tahun 2014 dengan peserta Munas PMI ke-XX Senin (15/12). (Foto: pmi.or.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) untuk pertama kali mempertemukan pendonor darah sukarela (DDS) 100 kali atau lebih, selaku penerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial tahun 2014, dengan peserta Munas XX PMI pada malam ramah tamah dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Senin (15/12).

Pada 2014, DDS 100 kali atau lebih yang mendapat Surat Keputusan dari Pemerintah untuk menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial berjumlah 864 orang. Penerima tanda kehormatan Satyalencana kali ini berasal dari 17 provinsi yakni Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Bali, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kepri, dan NTB.

Pengurus PMI Pusat Bidang Kesehatan, Donor Darah, dan RS PMI, M Farid Husein mengatakan dalam pertemuan itu, Provinsi Jawa Timur masih mencatatkan diri sebagai provinsi dengan DDS 100 kali terbanyak, yaitu 334 orang. Sementara itu, pendonor darah 100 kali tertua adalah M Rosyad (73) dari Sumatera Selatan, dan pendonor 100 kali termuda adalah Sujono (38) dari Jawa Timur.

Acara yang berlangsung di Jakarta Convention Center itu dihadiri sekitar 1.500 peserta.Tujuh belas wakil provinsi, telah menerima cincin emas penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Ketua Umum PMI.

“Malam ramah tamah pahlawan kemanusiaan di bidang darah ini merupakan ajang pengikat antara para pendonor dan segenap pengurus PMI Pusat, provinsi, kabupaten/kota, untuk terus setia sebagai pendonor darah sukarela yang kemudian dapat ditularkan kepada segenap anggota keluarga dan kerabat sekitarnya,” kata Jusuf Kalla, dalam sambutannya.

Ketua PMI menyempatkan diri berdialog dengan pendonor tertua dan termuda mengenai kesan-kesan berdonor darah 100 kali dan berfoto bersama penerima penghargaan. (pmi.or.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home