Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:54 WIB | Kamis, 12 Januari 2023

Polandia Akan Kirim Kompi Tank Leopard untuk Ukraina Melawan Rusia

Presiden Polandia, Andrzej Duda. (Foto: dok. AP/Markus Schreiber)

LVIV, SATUHARAPAN.COM - Polandia telah memutuskan untuk mengirim kompi tank Leopard untuk membantu negara tetangganya, Ukraina, dalam perang melawan Rusia, kata Presiden Andrzej Duda, Rabu.

Tetapi Duda, dalam kunjungan ke Lviv, mengatakan bahwa langkah itu hanya mungkin dilakukan sebagai bagian dari koalisi bantuan tank internasional yang lebih besar ke Kiev.

Para pemimpin Polandia telah mengindikasikan bahwa mereka sedang dalam pembicaraan dengan negara lain mengenai potensi koalisi internasional yang akan mengirim tank Leopard buatan Jerman ke Ukraina. Mereka belum menyebutkan nama negara.

Dalam koalisi internasional potensial ini, “kami telah mengambil keputusan untuk menyumbangkan paket tank pertama, kompi tank Leopard, yang saya harap, bersama dengan kompi Leopard lainnya dan tank lain yang akan ditawarkan oleh negara lain akan .. .. dapat memperkuat pertahanan Ukraina,” kata Duda dalam konferensi pers di Lviv.

Sebuah kompi terdiri dari 14 tank.

Duda dan Presiden Lituania, Gitanas Nausėda, bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Lviv dalam apa yang disebut Kerjasama Lublin Segitiga.

Zelenskyy mengatakan bahwa Ukraina membutuhkan tank untuk memenangkan perang dan "menunggu keputusan bersama" mengenai masalah ini karena "satu negara tidak dapat memberi kami jumlah yang cukup."

Ketiga pemimpin juga membahas kemitraan strategis lebih lanjut antara negara mereka. “Lithuania dan Polandia telah menegaskan tekad mereka untuk terus memberikan dukungan militer, politik, diplomatik, ekonomi dan kemanusiaan ke Ukraina,” kata Nausėda.

“Perang di Ukraina adalah perang kita — perang dunia bebas melawan seorang diktator. Kami akan berdiri bersama Ukraina sampai menang,” katanya.

Di Inggris, sekutu setia Ukraina lainnya, juru bicara Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan bahwa "tank tempur dapat memberikan kemampuan mengubah permainan bagi Ukraina."

Juru bicara Max Blain mengatakan bahwa Sunak telah menginstruksikan Menteri Pertahanan Ben Wallace untuk bekerja dengan sekutu tentang kendaraan apa yang terbaik untuk dikirim.

Dia mengatakan belum ada keputusan akhir yang dibuat. Inggris telah mempertimbangkan apakah akan mengirim tank tempur Challenger 2 ke Ukraina, yang telah memerangi invasi skala penuh Rusia sejak 24 Februari. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home