Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:43 WIB | Jumat, 13 Januari 2023

100 Tentara Ukraina Berlatih Operasikan Rudal Patriot di AS

Rudal Patriot buatan AS diluncurkan selama latihan tahunan di distrik Ilan, 80 kilometer (49 mil) barat Taipei, Taiwan, pada tanggal 20 Juli 2006 (Foto: dok. AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Sekitar 100 tentara Ukraina akan menuju ke Fort Sill Oklahoma segera setelah pekan depan untuk memulai pelatihan sistem pertahanan rudal Patriot, semakin mendekatkan Kiev untuk mendapatkan perlindungan yang telah lama dicari terhadap serangan rudal Rusia.

Ukraina selama berbulan-bulan meminta Amerika Serikat untuk menyediakan sistem pertahanan peluru kendali permukaan-ke-udara Patriot karena dapat menargetkan pesawat terbang, rudal jelajah, dan rudal balistik jarak pendek.

Selama kunjungan akhir Desember ke AS, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan baterai akan membuat perbedaan yang signifikan dalam memperkuat pertahanan Kiev melawan invasi Rusia.

Jumlah orang Ukraina yang datang ke Fort Sill kira-kira sama dengan jumlah yang diperlukan untuk mengoperasikan satu baterai, dan mereka akan fokus pada belajar mengoperasikan dan juga memelihara Patriot, kata juru bicara Pentagon Jenderal Angkatan Udara, Pat Ryder, hari Selasa (10/1).

Keputusan Kiev untuk mengeluarkan pasukan dari medan perang untuk berlatih melintasi Atlantik di AS tidak biasa, meskipun Ukraina telah mengirim pasukan untuk pelatihan jangka pendek di pangkalan Eropa untuk sistem kompleks lain yang telah diterimanya, seperti pada Artileri Mobilitas Tinggi jarak jauh, dan Sistem Roket.

Pelatihan patriot biasanya dapat memakan waktu beberapa bulan, tetapi semakin lama pasukan itu keluar dari barisan, mereka tidak benar-benar terlibat dalam pertempuran, kata Ryder, sehingga pelatihan akan dipersingkat.

Fort Sill dipilih karena sudah menjalankan sekolah pelatihan Patriot, kata Ryder.

AS menjanjikan satu baterai Patriot pada bulan Desember sebagai bagian dari salah satu dari beberapa paket bantuan militer besar yang telah diberikannya kepada Ukraina dalam beberapa pekan terakhir. Pekan lalu Jerman menjanjikan baterai Patriot tambahan.

Setiap baterai Patriot terdiri dari sistem peluncuran yang dipasang di truk dengan delapan peluncur yang masing-masing dapat menampung hingga empat pencegat rudal, radar darat, stasiun kontrol, dan generator. Angkatan Darat mengatakan saat ini memiliki 16 batalyon Patriot.

Baterai Patriot akan melengkapi berbagai sistem pertahanan udara yang telah dijanjikan oleh AS dan mitra NATO ke Ukraina, karena Ukraina menghadapi rentetan serangan rudal dan drone yang terus berkembang terhadap penduduk sipil dan infrastrukturnya dari Rusia dalam konflik yang berlangsung hampir 11 bulan.

Dalam beberapa bulan terakhir Jerman telah menjanjikan empat sistem pertahanan udara IRIS-T; AS juga telah menjanjikan delapan Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Menengah Nasional, atau NASAMS, dan sistem pertahanan udara Avenger. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home