Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:57 WIB | Sabtu, 28 Januari 2023

Polandia Kirim Lagi 60 Tank Tempur untuk Ukraina

Tank tempur Leopard 2/A4 meluncur saat upacara penyerahan tank di pangkalan militer Tata, Hongaria, pada 24 Juli 2020. (Foto: dok. AFP)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM - Polandia akan mengirimkan 60 tank tambahan ke Kiev untuk membantunya menangkis agresi Rusia, dalam langkah yang dipuji pada hari Jumat (27/1) oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

“Terima kasih... Polandia atas keputusan penting ini untuk mengirimkan 60 tank Polandia ke Ukraina -- 30 di antaranya adalah PT-91 Twardy yang terkenal, bersama dengan 14 Leopard,” kata Zelenskyy di Twitter.

Ukraina juga telah dijanjikan tank tempur dari Jerman dan AS, yang diumumkan awal pekan ini.

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, mengungkapkan kontribusi Warsawa dalam sebuah wawancara dengan CTV News Kanada pada hari Kamis (26/1).

“Saat ini, kami siap mengirim 60 tank modern kami, 30 di antaranya PT-91. Dan di atas tank-tank itu, 14 tank, tank Leopard 2, dari yang kami miliki,” katanya.

Dia menambahkan bahwa sejak awal perang, Polandia telah "mengirim 250 tank... atau bahkan lebih dari itu" ke Ukraina.

Tank yang telah dikirim oleh Polandia sebagian besar adalah model Uni Soviet T-72, di mana PT-91 adalah versi modern.

Setelah perselisihan diplomatik selama berminggu-minggu, Amerika Serikat dan Jerman pada Rabu mengumumkan pengiriman tank berat Abrams dan Leopard mereka ke Ukraina, sebuah langkah yang dilihat sebagai terobosan dalam upaya mendukung Ukraina yang dilanda perang.

Berlin juga memberi wewenang kepada negara lain untuk mengirim Leopard mereka sendiri ke Kiev. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home