Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 00:03 WIB | Senin, 05 Januari 2015

Polda Jatim: Data Ante Mortem Korban AirAsia Lengkap

Sejumlah anggota PMI berada di antara sejumlah peti jenazah korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501, di dalam pesawat CN295 TNI AU, sesaat sebelum start engine untuk terbang menuju Surabaya, di Lanud TNI AU Iskandar Pangkalan Bun Kalteng, Jumat (2/1). Sebanyak 10 jenazah diterbangkan ke Surabaya, untuk dilakukan identifikasi oleh Tim DVI Polri di RS Bhayangkara Polda Jatim. (Foto: Antara)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jatim menyatakan 162 data ante mortem korban AirAsia QZ8501 sudah lengkap setelah didapat satu data milik co-pilot Remi Emmanuel.

"Sekarang sudah ada 162 data ante mortem sehingga tim bisa melanjutkan proses berikutnya," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono pada Minggu (4/1) malam.

Ia menjelaskan, data milik co-pilot asal Prancis itu didapat setelah mereka bekerja sama dengan Interpol. Sebelumnya, tim sempat kesulitan karena keluarganya bertempat tinggal di Kepulauan Karibia. Sampel DNA dari keluarga Remi juga sudah terkumpul.

"Ante mortem merupakan kegiatan profiling yakni menyiapkan data orang seperti rekam medis, sidik jari, DNA, termasuk ciri-ciri seperti tahi lalat, tato dan tanda-tanda khusus di tubuh lainnya," is menjelaskan. 

"Total sampel DNA sampai saat ini berjumlah 146 sampel, sisanya 16 sampel kami harap keluarga segera menyerahkan," katanya.

Sementara itu, dari 162 penumpang AirAsia, 34 jenazah sudah di Rumah Sakit Bhayangkara. 

Selain itu, sembilan jenazah dalam tahap pendalaman rekonsiliasi, 12 jenazah pada pukul 18.00 WIB selesai menjalani pemeriksaan post mortem.

Dia menjelaskan, esok Senin (5/1) sekitar pukul 09.00 WIB akan digelar rapat rekonsiliasi terhadap 20 jenazah dengan mencocokkan data ante mortem dan post mortem.

"Malam ini tim bekerja, khususnya yang telah selesai pemeriksaan post mortem, dilanjutkan rapat prarekonsiliasi, yakni data mentah disajikan dalam bentuk informasi sehingga besok rapat memudahkan tim untuk membahas," kata dia. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home