Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:54 WIB | Kamis, 21 Desember 2023

Polisi Aceh Patroli Udara dan Laut, Cegah Masuknya Pengungsi Rohingya

Polisi Aceh Patroli Udara dan Laut, Cegah Masuknya Pengungsi Rohingya
Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko melaksanakan patroli udara, hari Rabu (20/12). (Foto-foto: Humas Polda Aceh)
Polisi Aceh Patroli Udara dan Laut, Cegah Masuknya Pengungsi Rohingya
Kapolsek Madat, Aceh Timur, Ipda Edi Munandar, melakukan patroli laut.

BANDA ACEH, SATUHARAPAN.COM-Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko melaksanakan patroli udara untuk memantau situasi perairan untuk mengantisipasi kedatangan pengungsi Rohingnya, hari Rabu, 20 Desember 2023.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Joko Krisdiyanto, mengatakan, patroli yang dilakukan Kapolda Aceh merupakan upaya dan bentuk tanggung jawabnya terhadap keamanan seiring banyaknya pengungsi Rohingya yang masuk ke Aceh.

Patroli menggunakan helikopter Polri AW 169, dan Kapolda Aceh didampingi Karo Ops, Dirpolairud, beserta Dirintelkam itu menyusuri perairan pesisir timur yang meliputi Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Timur.

“Kapolda melihat langsung situasi perairan yang berpotensi menjadi jalur masuknya pengungsi Rohingya, mulai dari Banda Aceh hingga Lhokseumawe. Mungkin secara continue juga akan dilakukan ke lokasi perairan lainnya yang juga berpotensi mendaratnya pengungsi Rohingya,” katanya.

Joko meminta masyarakat untuk ikut berperan menjaga keamanan dan ketertiban. Salah satunya dengan tidak bertindak anarkis terhadap para pengungsi Rohingya.

Patroli Laut

Sementara itu, Kapolsek Madat, Aceh Timur, Ipda Edi Munandar, bersama anggotanya juga gencar melakukan patroli di area pesisir dalam wilayah hukumnya. Langkah ini diambil sebagai respon setelah kembali masuknya 50 pengungsi etnis Rohingya di wilayah Kecamatan Darul Aman belum lama ini.

“Sesuai arahan Bapak Kapolres Aceh Timur, Polsek khususnya yang memiliki wilayah pesisir agar bekerja sama dengan nelayan dan masyarakat setempat untuk memantau dan melaporkan apabila ada penemuan pengungsi Rohingya di laut,” kataKapolsek, Senin, (18/12/2023).

Menurut dia, langkah ini akan membantu mencegah imigran gelap masuk ke wilayah Aceh Timur. “Tujuan utama kegiatan ini adalah memantau wilayah hukum terkait informasi pengungsi Rohingya dalam menjaga kepentingan masyarakat dan menjaga keamanan perairan wilayah hukum Aceh Timur.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home