Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:24 WIB | Rabu, 30 November 2022

Polisi China Mulai Menyelidiki Protes Pembatasan COVID-19

Polisi China Mulai Menyelidiki Protes Pembatasan COVID-19
Seorang pria dibawa pergi oleh polisi setelah mendorong pengunjuk rasa selama demonstrasi pembatasan COVID-19 di China daratan, selama peringatan korban kebakaran di Urumqi, di Hong Kong, China 28 November 2022. (Foto: Reuters)
Polisi China Mulai Menyelidiki Protes Pembatasan COVID-19
Para pengunjuk rasa memegang kertas putih kosong saat memperingati korban kebakaran mematikan Urumqi baru-baru ini di Chinese University of Hong Kong di Hong Kong, Senin, 28 November 2022. Mahasiswa di Hong Kong meneriakkan "menentang kediktatoran" dalam protes terhadap kontrol anticvirus China setelah kerumunan di kota-kota daratan menyerukan Presiden Xi Jinping untuk mengundurkan diri dalam pertunjukan oposisi terbesar terhadap Partai Komunis yang berkuasa dalam beberapa dekade. (Foto: AP/Kanis Leung)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang China telah mulai menyelidiki beberapa orang yang berkumpul pada protes akhir pekan menentang pembatasan COVID-19, tiga orang yang berada di demonstrasi Beijing mengatakan kepada Reuters, karena polisi tetap berada di jalan-jalan kota.

Dalam satu kasus, seorang penelepon yang mengidentifikasi sebagai petugas polisi di ibu kota China meminta pengunjuk rasa untuk datang ke kantor polisi pada hari Selasa (29/11) untuk menyampaikan catatan tertulis tentang kegiatan mereka pada hari Minggu (27/11) malam.

Di kasus lain, seorang mahasiswa dihubungi oleh perguruan tinggi mereka dan ditanya apakah mereka pernah berada di area tempat acara berlangsung dan untuk memberikan laporan tertulis.

"Kami semua mati-matian menghapus riwayat obrolan kami," kata seorang pengunjuk rasa Beijing yang menolak disebutkan namanya kepada Reuters.

“Polisi terlalu banyak. Polisi datang untuk memeriksa KTP salah satu teman saya dan kemudian membawanya pergi. Kami tidak tahu kenapa. Beberapa jam kemudian mereka membebaskannya.” Biro Keamanan Publik Beijing tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Protes Pembatasan COVID-19

Ketidakpuasan yang membara dengan kebijakan pencegahan COVID-19 setelah tiga tahun pandemi memicu protes yang lebih luas di kota-kota yang terpisah ribuan mil selama akhir pekan.

Gelombang pembangkangan sipil terbesar di China sejak Xi Jinping berkuasa satu dekade lalu terjadi ketika jumlah kasus COVID-19 mencapai rekor tertinggi setiap hari dan sebagian besar kota menghadapi penguncian baru.

COVID-19 di China terus menyebar meskipun sebagian besar dari 1,4 miliar penduduknya berupaya mencegah penularan dengan mematuhi kebijakan nol COVID-19 untuk memberantas semua wabah dan mempertahankan kontrol perbatasan yang ketat.

Penguncian telah memperburuk salah satu pelambatan paling tajam dalam pertumbuhan ekonomi yang dialami China dalam beberapa dekade, mengganggu rantai pasokan global dan pasar keuangan yang bergolak.

Di Hangzhou, ibu kota provinsi Zhejiang di timur, video di media sosial yang tidak dapat diverifikasi Reuters secara independen menunjukkan ratusan polisi menduduki lapangan besar pada hari Senin (28/11) malam, mencegah orang berkumpul.

Satu video menunjukkan polisi, dikelilingi oleh sekelompok kecil orang yang memegang smartphone, melakukan penangkapan sementara yang lain berusaha menarik kembali orang yang ditahan. Polisi Hangzhou tidak segera membalas permintaan komentar.

Di Shanghai dan Beijing, polisi berpatroli di daerah tempat beberapa grup di layanan pesan Telegram yang menyarankan orang untuk berkumpul lagi. Kehadiran polisi pada hari Senin sore dan malam memastikan tidak ada pertemuan yang terjadi.

“Jumlah polisi yang banyak, sungguh menakutkan,” kata penduduk Beijing, Philip Qin, 22 tahun, yang menyaksikan protes pada hari Minggu.

Penduduk mengatakan polisi telah meminta telepon kepada orang-orang yang melewati daerah itu untuk memeriksa apakah mereka memiliki jaringan pribadi virtual (VPN) dan aplikasi Telegram, yang telah digunakan oleh pengunjuk rasa, kata penduduk. VPN ilegal bagi kebanyakan orang di China, sedangkan aplikasi Telegram diblokir dari internet China.

Satu bus penuh demonstran dibawa pergi oleh polisi selama protes hari Minggu malam di Shanghai.

Ada Seribu Kesulitan

Kebakaran pekan lalu di kota Urumqi di barat ang menurut pihak berwenang menewaskan 10 orang tampaknya menjadi pemicu gelombang protes di kota-kota lain.

Beberapa pengguna internet mengatakan tindakan penguncian COVID-19 menghambat upaya penyelamatan orang di gedung yang terbakar. Para pejabat telah membantahnya.

Meskipun sebagian besar berfokus pada pembatasan COVID-19, pengunjuk rasa kadang-kadang melampiaskan rasa frustrasi mereka terhadap Partai Komunis China yang berkuasa dan Xi Jinping, yang telah memusatkan kekuasaan di tangannya selama dekade terakhir dan baru-baru ini mendapatkan masa jabatan kepemimpinan ketiganya.

Pada hari Minggu, kerumunan besar berkumpul di kota metropolis Chengdu meneriakkan: “Kami tidak menginginkan penguasa seumur hidup. Kami tidak menginginkan kaisar.” Slogan anti Xi juga sempat terdengar di Shanghai pada Minggu.

Xi telah mengambil tanggung jawab pribadi untuk memimpin “perang” melawan COVID-19. Para pejabat mengatakan kebijakan nol COVID-19 telah mempertahankan ribuan kematian di negara terpadat di dunia itu, menghindari jutaan kematian di tempat lain.

Banyak analis mengatakan pelonggaran kebijakan dapat menyebabkan penyakit dan kematian yang meluas, membuat rumah sakit kewalahan. Dorongan kuat untuk memvaksinasi orang tua diperlukan sebelum China bahkan dapat mempertimbangkan untuk membuka kembali, kata mereka.

Dalam tajuk rencana hari Selasa yang tidak menyebutkan protes, People's Daily, surat kabar resmi Partai Komunis, mendesak warga untuk "dengan teguh menerapkan" kebijakan nol COVID-19, yang mengutamakan "kehidupan" orang, dengan mengatakan bahwa kemenangan akan datang melalui "ketekunan", melalui ribuan kesulitan.”

"Semakin sulit, semakin Anda harus menggertakkan gigi," katanya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home