Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 20:46 WIB | Senin, 16 November 2015

Polisi Muslim Cegah Pengebom Masuki Stadion di Paris

Stadion nasional Prancis—Stade de France—dijaga ketat polisi setelah mendapat serangan bom pada Jumat (13/11). (Foto: EPA)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Polisi Muslim menjadi pahlawan pada tragedi di Paris. Ia mencegah pengebom—diketahui memegang tiket pertandingan persahabatan Prancis-Jerman—masuk stadion nasional Prancis. Pria yang hanya disebut dengan nama Zouheir ini menyelamatkan 80.000 penonton termasuk Presiden Prancis François Hollande.

Calon pengebom itu terdeteksi mengenakan rompi peledak ketika ia digeledah di pintu masuk stadion sekitar 15 menit sebelum pertandingan dimulai, Jumat (13/11).

Ketika berusaha menghindari petugas keamanan, Zouheir mengatakan, penyerang meledakkan rompi, yang sarat dengan bahan peledak dan baut. Menurut jaksa Paris François Molins. Zouheir bertugas di jalan masuk pemain. Diduga penyerang bertujuan untuk meledakkan rompinya di dalam stadion untuk memprovokasi kepanikan di antara penonton sehingga membuat mereka saling injak karena berebut keluar stadion—sebuah tragedi yang tidak kalah mematikan.

Sekitar tiga menit kemudian, orang kedua juga meledakkan dirinya di luar stadion. Seorang penyerang bunuh diri meledakkan bom ketiga di dekat McDonald, kata polisi. Seorang warga sipil tewas dalam serangan, kata polisi.

Penjagaan yang waspada membuat serangan bunuh diri di Stade de France gagal. Berbeda dengan yang terjadi di konser dan restoran Bataclan di Paris. Setidaknya 129 orang tewas dalam serangkaian serangan pada Jumat tanggal 13 itu.

Ledakan terjadi selama paruh pertama pertandingan menimbulkan kebingungan di seluruh stadion. Setidaknya dua ledakan terdengar jelas di dalam stadion, saksi mata mengatakan, dan pada siaran televisi. Ledakan keras yang tidak biasa di pertandingan sepak bola di benua Eropa walaupun para fans kadang-kadang menyalakan petasan.

Pada awalnya, Zouheir mengatakan ia juga berpikir ledakan awal adalah petasan. Kemudian ia diberi tahu melalui walkie-talkie dan ia melihat bahwa Presiden Prancis François Hollande—yang hadir di Stade de France—sedang dibawa keluar dari stadion.

“Setelah saya melihat Hollande sedang dievakuasi, saya tahu itu bukan petasan,” kata Zouheir, yang bisa melihat kotak VIP dari tempatnya bertugas. Dia menambahkan bahwa Presiden Hollande dievakuasi setelah ledakan pertama.

Permainan terus sampai selesai. Kepala federasi sepak bola Prancis Noel le Graet mengatakan bahwa informasi itu tidak disampaikan kepada para fans atau pemain untuk menghindari panik. Saksi melaporkan bahwa berita mulai menyebar di dalam stadion di akhir babak kedua.

“Selama paruh kedua saya mulai mendapatkan peringatan berita tentang serangan di Paris, tapi saya tidak membuat sambungan langsung,” kata Pierre Tissier, 27, yang mendengar ledakan selama pertandingan, tetapi mengatakan dia pikir itu hanya mungkin petasan .

Manajer Jerman Joachim Loew mengatakan setelah pertandingan bahwa ia takut mendapat serangan segera setelah ia mendengar ledakan.

“Tentu saja kami pikir itu,” katanya. “Itu sangat keras. Anda bisa bayangkan apa yang terjadi.”

Tim Jerman sudah bingung dengan ancaman bom di hotel pada Jumat pagi, ketika semua tamu di Hotel Molitor di distrik 16 itu dievakuasi.

Setelah pertandingan, pada Jumat malam, skuad Jerman memutuskan untuk tetap di Stade de France. “Disediakan mataras,” kata tim dalam sebuah pernyataan di situsnya. “Beberapa pemain berhasil tertidur tetapi beberapa dari mereka terus terjaga untuk membahas apa yang terjadi.” Tim Jerman terbang pulang dari Paris Sabtu pagi.

Serangan itu terjadi tujuh bulan sebelum Prancis menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola Eropa. Dan, insiden itu menimbulkan kekhawatiran baru tentang keamanan untuk turnamen.

Euro 2016 sudah diatur untuk dimainkan di 10 tempat di seluruh negeri dengan dua di wilayah ibu kota: Parc des Princes di bagian barat dari kota dan Stade de France di pinggiran utara St. Denis. Ini adalah turnamen pertama sepak bola utama di negara itu sejak Piala Dunia 1998.

Sebuah video yang diambil Zouheir melalui telepon selularnya pada Sabtu menunjukkan gerbang pelaku bom bunuh diri itu berbalik. (wsj.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home