Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Melki 21:01 WIB | Sabtu, 28 Januari 2023

Polri Fasilitasi Lintasan Khusus Latihan Balap Motor

Peserta melintasi trek balapan Street Race di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (27/1/2023). ANTARA

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Polda Metro Jaya memfasilitasi kebutuhan peminat balap motor memiliki lintasan khusus untuk latihan yang rencananya dibangun di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Saya akan terus memperjuangkan agar teman-teman memiliki lintasan khusus yang memiliki standar keamanan yang baik untuk latihan setiap hari ," kata Kepala Polda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat membuka ajang balap jalanan (street race) sepeda motor seri kelima Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1).

Fadil membocorkan kalau pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pimpinan BUMD DKI, PT Pembangunan Jaya Ancol.

Dalam pertemuan itu, kata dia, pihaknya menyampaikan aspirasi peminat olahraga balap motor yang ingin memiliki arena khusus lintasan untuk latihan.

"Alhamdulillah disambut baik oleh Dirut Ancol, teman-teman di Jaya Ancol sedang mempelajari kebutuhan dan menganalisa kebutuhan bersama dengan stakeholder terkait," ucapnya.

Meski demikian, ia belum memberikan detail lebih lanjut kawasan di Ancol yang rencananya digunakan untuk tempat latihan balap motor.

Rencana penyediaan lokasi latihan balap motor itu, lanjut dia, karena hanya balap motor yang tidak memiliki tempat latihan.

Kondisi itu berbeda jika dibandingkan jenis olahraga lain seperti futsal yang memiliki lapangan khusus.

"Saya rasa ini bukan hal yang mustahil dapat kami wujudkan, karena di dalamnya ada mekanik yang butuh belajar dan tes setting-an mesin. Ada joki yang butuh mengenal tunggangannya, ada yang butuh tontonan untuk hiburan, ini adalah ekosistem yang lengkap," ucapnya.

Polda Metro Jaya sebelumnya menginisiasi ajang balap motor street race yang tahun ini diadakan di Kemayoran, Jakarta Utara.

Street race diadakan mengakomodasi maraknya aksi balap liar yang kerap mengganggu keamanan, keselamatan jiwa serta ketertiban di masyarakat.

"Bagi kami yang menjadi perhatian adalah bagaimana jumlah balap liar dikurangi dan keselamatan jiwa serta mendekatkan komunitas dengan Polda Metro Jaya yang tadinya mereka tidak begitu kenal sekarang justru bisa mengedukasi," ucapnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home