Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 16:20 WIB | Rabu, 20 Oktober 2021

Ponsel Pintar yang Cocok untuk Belajar Online

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pandemi yang belum juga usai memaksa semua aktivitas dilakukan di rumah saja, mulai dari beribadah, bekerja, dan belajar. Meski kini vaksin telah diberikan dan angka positif mulai mengalami penurunan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, pemerintah setempat di beberapa daerah masih memberlakukan belajar daring yang dipadukan dengan belajar tatap muka dengan protokol kesehatan ketat, jumlah siswa dan interaksi yang sangat dibatasi.

Demi memenuhi kebutuhan pendidikan anak untuk belajar di rumah, orang tua tentu perlu memberikan fasilitas yang tepat. Salah satunya gawai. Jika hanya digunakan sebagai media untuk belajar, sebenarnya Anda tidak memerlukan ponsel pintar dengan banyak fitur dan teknologi yang terlalu canggih. Ponsel kelas entry level sebenarnya sudah sangat cukup, misalnya Samsung M02.

Spesifikasi Ponsel Pintar

Masuk dalam kategori entry level atau ponsel dengan harga terjangkau tak berarti ponsel baru besutan Samsung ini murahan. Rilis secara resmi di Indonesia pada bulan Februari lalu, smartphone ini tentunya hadir dengan fitur dan teknologi yang memang didesain sesuai dengan kebutuhan anak untuk sekolah secara daring. Lalu, apa saja yang ditawarkan ponsel ini?

Layar yang Lebar

Ponsel pintar dengan layar besar kini lebih digandrungi. Bukan tanpa alasan, hal itu karena layar lebar pada ponsel membuat penggunanya menjadi lebih puas dalam bermain game, berfoto, membuat video, atau menonton film kesukaan. Fungsi tersebut pun sama untuk kondisi belajar online. Apa jadinya jika anak diberikan gawai yang layarnya kecil? Sudah pasti anak menjadi tak nyaman dalam belajar, sehingga kelas yang diikutinya pun jadi kurang maksimal.

Nah, ponsel Samsung seri M02 ini punya layar yang lebar, yaitu 6,5 inci. Resolusinya pun sudah mengusung format HD+ dan memiliki panel tipe PLS. Semua teknologi tersebut akan membuat belajar sekolah daring sang buah hati menjadi lebih nyaman dan maksimal. Tak perlu lagi menggeser layar atau membesarkan ukuran layar untuk menonton video.

Baterai dengan Kapasitas Besar

Selanjutnya adalah baterai. Kapasitas baterai kecil tentu akan membuat ponsel lebih cepat kehabisan daya dan harus terus diisi ulang. Bagaimana jika Si Kecil membutuhkan ponsel tersebut seharian? Sayangnya, melakukan pengisian daya terus-menerus atau berulang kali dalam satu hari akan membuat performa ponsel menjadi menurun, begitu pula dengan performa baterai. Alhasil, ponsel pun jadi lebih mudah rusak.

Inilah mengapa Anda perlu mempertimbangkan ponsel dengan kapasitas baterai besar untuk keperluan belajar online anak. Samsung M02 bisa jadi pilihan, karena ponsel pintar ini memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Kapasitas sebesar itu diklaim mampu digunakan untuk mengakses internet hingga 18 jam non-stop, mendengarkan musik hingga lebih dari satu hari, atau menonton video tanpa henti hingga 16 jam.

Fitur Kamera untuk Kebutuhan Visual

Tak hanya menonton video atau mendengar suara maupun lagu, terkadang, aktivitas belajar daring juga dilakukan dengan membuat video sebagai salah satu tugasnya. Jadi, pastikan ponsel anak pun mendukung untuk hal ini, ya! Jadi, Anda bisa mendampingi anak untuk mengambil gambar foto maupun video dengan hasil yang maksimal. Setidaknya, gambar harus jernih dan minim noise.

Ternyata, Samsung seri M02 ini punya kamera yang tidak main-main, lho! Kamera utamanya punya resolusi sebesar 13 MP dengan kamera makro sebesar 2 MP. Meski hanya dilengkapi dengan dua kamera belakang dan satu kamera depan 5 MP, kualitas gambar yang ditangkap oleh ponsel ini tak bisa dianggap remeh. Guna mengerjakan tugas kuliah maupun sekolah yang berhubungan dengan visual, Samsung seri baru ini bisa dikatakan lebih dari cukup.

Performa Mumpuni dan Kapasitas Penyimpanan Besar

Ponsel pintar dengan kemampuan akses yang cepat pasti sangat dibutuhkan, terlebih jika Anda harus multitasking dalam aktivitas yang berhubungan dengan perangkat ini. Terkait dengan hal ini, Samsung punya jawabannya untuk Anda. Dibekali dengan System on Chip atau SoC tipe MediaTek seri MT6739W, seri M02 turut mengusung Android 10 dengan interface tipe One UI Core 2.5.

Lalu, bagaimana dengan kapasitas penyimpanannya? Tidak perlu khawatir kehabisan memori, karena Samsung M02 menawarkan RAM sebesar 2 GB dengan ruang penyimpanan sebesar 32 GB. Anda bisa menambahkan ruang penyimpanan ini hingga 1 TB menggunakan microSD slot yang telah tersedia pada ponsel. Jadi, menyimpan musik, video, atau materi belajar dari guru maupun dosen tak lagi jadi masalah.

Selepas belajar, tak ada salahnya menyegarkan pikiran sejenak dengan menonton video, film, atau bermain game. Anda bisa memasukkan beberapa game favorit untuk bermain Anak, tetapi pastikan Anda mendampingi sang buah hati saat mengakses game, begitu pula dengan akses media sosial. Jangan sampai berlebihan karena bisa berdampak negatif untuk kesehatan mentalnya.

Harga Samsung M02

Memiliki banyak fitur dan teknologi canggih, Samsung M02 memang sangat tepat untuk menunjang aktivitas belajar dan bermain anak selama harus berada di rumah saja ketika pandemi belum usai. Harga ponsel pintar ini juga bisa dibilang tak mahal, hanya Rp1 jutaan! Segera cek harganya dan beli langsung melalui aplikasi atau website Blibli, ya!


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home