Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:05 WIB | Rabu, 18 Januari 2023

Populasi China Menyusut, Pertama dalam Beberapa Tahun

Populasi dunia mencarapi delapan miliar jiwa, India diperkirakan menyusul China dengan populasi lebih dari 1,4 miliar jiwa.
Seorang pria menarik seorang anak melewati dekorasi Tahun Baru Imlek yang dipajang di jalan perbelanjaan pejalan kaki Qianmen, tempat wisata populer di Beijing, Selasa, 17 Januari 2023. (Foto: AP/Andy Wong)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, China memiliki lebih sedikit orang daripada awal tahun lalu, menurut angka resmi yang dirilis hari Selasa (17/1).

Negara terpadat di dunia ini telah mengkhawatirkan selama bertahun-tahun tentang efek warga negara yang menua terhadap ekonomi dan masyarakatnya, tetapi populasinya diperkirakan tidak akan menurun selama hampir satu dekade.

Biro Statistik Nasional melaporkan bahwa negara tersebut mecatat 850.000 orang lebih sedikit pada akhir tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Penghitungan hanya mencakup populasi China daratan, tidak termasuk Hong Kong dan Makau serta penduduk asing.

Lebih dari satu juta bayi lahir lebih sedikit dari tahun sebelumnya di tengah ekonomi yang melambat dan penguncian pandemi yang meluas, menurut angka resmi. Biro melaporkan 9,56 juta kelahiran pada tahun 2022, dibandingkan dengan 10,62 juta pada tahun 2021. Kematian meningkat dari 10,14 juta menjadi 10,41 juta.

Tidak segera jelas apakah angka populasi dipengaruhi oleh wabah COVID-19 yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China tengah sebelum menyebar ke seluruh dunia. China telah dituduh oleh beberapa ahli atas kematian akibat virus yang tidak dilaporkan dengan menyalahkan mereka pada kondisi yang mendasarinya, tetapi tidak ada perkiraan jumlah sebenarnya yang dipublikasikan.

Populasi China mulai menurun 9-10 tahun lebih awal dari perkiraan pejabat China dan proyeksi PBB, kata Yi Fuxian, seorang ahli demografi dan pakar tren populasi China di University of Wisconsin-Madison. “China menjadi lebih tua sebelum menjadi kaya,” kata Yi.

China telah berusaha untuk meningkatkan populasinya sejak secara resmi mengakhiri kebijakan satu anak pada tahun 2016. Sejak meninggalkan kebijakan tersebut, China telah berusaha mendorong keluarga untuk memiliki anak kedua atau bahkan ketiga, dengan sedikit keberhasilan, yang mencerminkan sikap di sebagian besar Asia timur tempat kelahiran yang turun drastis. Di China, biaya membesarkan anak di kota sering disebut sebagai penyebabnya.

Lebih Banyak Laki-laki

Laki-laki melebihi jumlah perempuan sebesar 722,06 juta dibanding 689,69 juta, biro melaporkan, hasil dari kebijakan satu anak dan preferensi tradisional untuk keturunan laki-laki untuk meneruskan nama keluarga.

China telah lama menjadi negara terpadat di dunia, tetapi diperkirakan akan segera diambil alih oleh India, jika belum. Perkiraan menempatkan populasi India lebih dari 1,4 miliar dan terus tumbuh.

Terakhir kali China diyakini mengalami penurunan populasi adalah selama “Lompatan Jauh ke Depan”, dorongan bencana untuk pertanian kolektif dan industrialisasi yang diluncurkan oleh pemimpin saat itu Mao Zedong pada akhir 1950-an yang menghasilkan kelaparan besar-besaran yang menewaskan puluhan juta orang.

Yi mengatakan, berdasarkan penelitiannya sendiri, populasi China sebenarnya telah menurun sejak 2018, menunjukkan krisis populasi “jauh lebih parah” dari yang diperkirakan sebelumnya. China sekarang memiliki salah satu tingkat kesuburan terendah di dunia, hanya sebanding dengan Taiwan dan Korea Selatan, katanya.

Itu berarti "krisis demografis China yang sebenarnya berada di luar imajinasi dan bahwa semua kebijakan ekonomi, sosial, pertahanan, dan luar negeri China di masa lalu didasarkan pada data demografis yang salah," kata Yi kepada The Associated Press.

Krisis ekonomi China yang menjulang akan lebih buruk daripada Jepang, di mana pertumbuhan rendah selama bertahun-tahun telah disalahkan pada populasi yang menyusut, kata Yi.

Biro statistik China mengatakan populasi usia kerja antara 16 dan 59 tahun berjumlah 875,56 juta, terhitung 62,0% dari populasi nasional, sementara mereka yang berusia 65 tahun ke atas berjumlah 209,78 juta, terhitung 14,9% dari total.

Jika ditangani dengan benar, populasi yang menurun tidak serta merta memprediksi ekonomi yang lebih lemah, kata Stuart Gietel-Basten, profesor ilmu sosial di Universitas Khalifa di Abu Dhabi. “Ini masalah psikologis yang besar. Mungkin yang terbesar,” kata Gietel-Basten.

Statistik juga menunjukkan peningkatan urbanisasi di negara yang secara tradisional sebagian besar adalah pedesaan. Selama tahun 2022, populasi permanen perkotaan meningkat sebesar 6,46 juta, hingga mencapai 920,71 juta, atau 65,22%, sedangkan populasi pedesaan turun sebesar 7,31 juta.

Penduduk Dunia Delapan Miliar

PBB memperkirakan tahun lalu populasi dunia mencapai delapan miliar pada 15 November, dan India akan menggantikan China sebagai negara terpadat di dunia pada tahun 2023. Sensus terakhir India dijadwalkan pada 2022 tetapi ditunda di tengah pandemi.

Dalam laporan yang dirilis pada Hari Populasi Dunia, PBB juga mengatakan pertumbuhan populasi global turun di bawah 1% pada 2020 untuk pertama kalinya sejak 1950.

Juga pada hari Selasa, biro statistik merilis data yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi China turun ke level terendah kedua dalam setidaknya empat dekade tahun lalu di bawah tekanan dari kontrol anti-virus dan kemerosotan real estate.

Gietel-Basten mengatakan China telah beradaptasi dengan perubahan demografis selama bertahun-tahun dengan merancang kebijakan untuk memindahkan aktivitas ekonominya ke rantai nilai inovasi, menunjuk pada pengembangan manufaktur semikonduktor dan industri jasa keuangan.

“Populasi India jauh lebih muda dan terus bertambah. Tetapi ada banyak alasan mengapa Anda tidak secara otomatis mempertaruhkan seluruh kekayaan Anda di India yang melampaui China secara ekonomi dalam waktu dekat,” katanya.

Di antara banyak tantangan India adalah tingkat partisipasi perempuan dalam angkatan kerja yang jauh lebih rendah daripada China, kata Gietel-Basten. "Apa pun populasi yang Anda miliki, itu bukan apa yang Anda miliki, tetapi apa yang Anda lakukan dengannya ... sampai taraf tertentu," katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home