Loading...
INSPIRASI
Penulis: Moses Harahap 08:36 WIB | Senin, 08 Juli 2013

Potong Cabang Pohonnya!

foto: www.iwallscreen.com

SATUHARAPAN.COM – Seorang  raja mendapatkan hadiah dua ekor anak rajawali. Raja senang sekali dengan hadiah tersebut dan memamerkan kepada setiap orang yang ia jumpai. Kemudian Sang Raja berpikir akan lebih bagus jika kedua anak rajawali itu dilatih terbang. Ia pun memanggil pelatih burung tersohor di negerinya.

Beberapa bulan kemudian, pelatih burung itu melaporkan bahwa seekor rajawali telah terbang tinggi dan melayang-layang di angkasa. Namun, yang lainnya tak beranjak dari pohonnya. Sang Raja pun memanggil semua ahli hewan dan tabib untuk memeriksa rajawali kesayangannya itu. Tetapi, tidak seorang pun mampu membuat rajawali itu terbang.

Kemudian Sang Raja pun menemui seorang petani yang kabarnya sangat mengenal sifat burung dan memintanya bantuan untuk membuat rajawali itu terbang. Keesokan harinya Sang Raja kaget setengah mati melihat rajawali itu sudah terbang tinggi.

Penuh rasa penasaran, Sang Raja pun bertanya resep Sang Petani. ”Saya hanya memotong cabang pohon yang selama ini dihinggapinya yaitu dahan yang membuatnya nyaman,” jawab Sang Petani.

Tak beda dengan rajawali, kadang kita pun lebih suka tetap berada dalam posisi nyaman kita. Kita tak berani mengambil risiko. Takut, kalau-kalau tindakan yang kita ambil malah lebih buruk dari yang selama ini kita lakoni. Kita takut gagal, takut kecewa, takut capek—pokoknya serbatakut. Akhirnya, kita tidak pernah maju-maju.

Satu-satunya cara untuk bisa membubung tinggi adalah keluar dari zona nyaman. Tak ada jalan lain. Kalau perlu dengan memangkas tempat di mana kita berpijak.

email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home