Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 12:28 WIB | Rabu, 16 Agustus 2023

Pramuka Sebagai Pemuda yang Profesional dan Proporsional

Pramuka Sebagai Pemuda yang Profesional dan Proporsional
Suasana upacara Hari Pramuka (foto : BPKPJakarta)
Pramuka Sebagai Pemuda yang Profesional dan Proporsional
Kak Tiorimun Tiorimin, Pengurus BPK PENABUR Jakarta (foto : BPKPJakarta)
Pramuka Sebagai Pemuda yang Profesional dan Proporsional
Abigail Clarice, Pramuka Siaga SDK , Kaylee Alexis, Pramuka penggalang SMPK , Evonnie Lavita, Pramuka penegak SMAK dari PENABUR Gading Serpong. (foto : BPKPJakarta)
Pramuka Sebagai Pemuda yang Profesional dan Proporsional
Seluruh peserta upacara Hari Pramuka (foto : BPKPJakarta)

GADING SERPONG, SATU HARAPAN.COM,  merayakan HUT ke-62 Gerakan Pramuka, peserta didik jenjang SD, SMP, dan SMA di BPK PENABUR Jakarta menggelar upacara dengan tema "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional" di sekolah masing-masing (14/8). 

Pada kompleks PENABUR Gading Serpong contohnya, dengan tertib adik-adik siaga dari SDK PENABUR Gading Serpong, penggalang dari SMPK PENABUR Gading Serpong, dan penegak dari SMAK PENABUR Gading Serpong mengikuti upacara di Lapangan SMPK PENABUR Gading Serpong.

Kak Tiorimun Tiorimin, Pengurus BPK PENABUR Jakarta menjadi pembina upacara dalam upacara tersebut. Dalam amanatnya Kak Tiorimun menyampaikan bahwa sesuai dengan tema pramuka tahun ini setiap anggota pramuka dipanggil untuk menjadi manusia yang lebih baik dan terus menggali potensi dalam diri masing-masing. 

“Adik-adik siaga, penggalang, dan penegak harus mampu menjadi bagian dari BEST Generation PENABUR, memiliki tekad kuat untuk menjadi pelajar yang baik, hormat kepada guru, orang tua, terutama Tuhan. Tunjukkan kepada guru dan orang tua bahwa kalian dapat menjadi pelajar yang bertanggung jawab dengan nilai-nilai dan karakter yang baik serta bisa diandalkan." pesan Kak Tiorimun.

Kak Tiorimun juga menegaskan kepada adik-adik untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang mendukung terwujudnya kemampuan Excel Worldwide, terkhusus di tengah kemajuan teknologi. Salah satunya lewat kampanye “JAGA”, Jeli menggunakan segala hal di dunia siber, Ajaklah orang tua jika ada hal-hal mencurigakan yang ditemui saat menggunakan internet, Gunakan akun PENABUR untuk mendukung proses belajar di sekolah, dan Amankan akun serta perangkat yang digunakan. 

"Berani Berubah : Berkarakter Kristiani, Bersinergi dalam transformasi digital. Selamat hari jadi Pramuka ke-62." tutup Kak Tiorimun. 

Gerakan pramuka yang dibentuk berdasarkan keputusan presiden pada 62 tahun lalu, tepatnya tahun 1961, turut berkontribusi menumbuhkan karakter positif peserta didik BPK PENABUR Jakarta melalui berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat.

"Kegiatan pramuka yang aku sukai adalah menggambar dan mewarnai, itu membantu mengasah kemampuan dalam diriku." tutur Abigail Clarice, Pramuka Siaga dari SDK PENABUR Gading Serpong.

Lalu, Kaylee Alexis, Pramuka penggalang SMPK PENABUR Gading Serpong juga membagikan pengalaman serunya.

"Hal yang aku suka adalah improvisasi dan kreativitas dari kegiatan pramuka, seperti membuat tandu dimana ada langkah-langkah yang dilakukan untuk membuatnya, namun itu tidak perlu diikuti semua karena kita bisa melakukan improvisasi, yang terpenting tandu mampu membawa orang sakit." tutur Kaylee, yang juga senang karena pramuka mengajarkan untuk bermusyawarah dan bekerja sama dengan anggota lainnya.

Usai kegiatan upacara di Lapangan SMPK PENABUR Gading Serpong, perayaan HUT ke-62 Gerakan Pramuka ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kak Tiorimun. Perwakilan adik-adik siaga, penggalang, serta penegak turut unjuk kegiatan lewat gerak dan tari, hingga demonstrasi singkat cara membuat tandu dan tongkat regu. 

"Aku sangat senang dapat mengikuti perayaan HUT ke-62 Gerakan Pramuka. Menurutku, dengan mengikuti kegiatan pramuka di sekolah dapat membentuk diri menjadi lebih PD ketika bertemu orang lain dan saat berbicara di depan umum. Hal ini dikarenakan di pramuka kita diajarkan public speaking." tutur Evonnie Lavita, Pramuka penegak dari SMAK PENABUR Gading Serpong.

Evonnie begitu menyukai pertemuan pramuka di sekolah setiap minggu, karena Ia selalu mendapatkan materi-materi baru yang menarik, sehingga pengetahuannya tentang pramuka semakin bertambah. Selain itu, pelatihan soft skills, seperti tali temali dan beberapa teknik lainnya juga diajarkan sebagai keterampilan bertahan hidup.

BPK PENABUR Jakarta mengembangkan potensi peserta didik secara holistik, tidak hanya dari segi akademik, tetapi juga non akademik dan juga karakter, salah satunya lewat ekstrakurikuler pramuka. 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home