Loading...
EKONOMI
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 18:23 WIB | Rabu, 15 Mei 2013

Prancis Masuki Jurang Resesi

Prancis mengalami resesi ekonomi namun Kementerian Keuangan Prancis tetap berharap adanya pertumbuhan ekonomi 0,1 persen di 2013. (dok. blogspot)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Prancis dikabarkan masuk dalam jurang resesi ekonomi. Krisis perekonomian yang telah berlangsung sejak enam bulan terakhir di Prancis semakin parah dan kabar terbaru menyebutkan laju perekonomian Negara ini telah menyusut 0,2 persen sepanjang kuartal pertama tahun 2013 ini.

Pertumbuhan negatif Prancis ini tercatat sama dengan kuartal terakhir tahun 2012 lalu. Hal ini menandakan bahwa Prancis telah dua kali berturut-turut mengalami pertumbuhan ekonomi negatif, yang menjadikannya masuk dalam jurang resesi.

Sementara itu, Jerman yang menjadi Negara dengan laju perekonomian terkuat di Eropa juga menunjukkan pertumbuhan yang tidak terlalu menggembirakan. Negara ini hanya mencatat pertumbuhan sebesar 0,1 persen pada kuartal pertama tahun ini.

Hal ini tentu berada jauh di bawah harapan pemerintah JErman yang menargetkan pertumbuhan sebesar 0,3 persen atau menyusut sebesar 1,4 persen dari tahun sebelumnya, seperti dituliskan dalam laman BBC, Rabu (15/5) hari ini.

Sebelumnya, pada awal bulan Mei ini, Komisi Eropa telah memperingatkan Prancis yang akan memasuki resesi dan ekonomi zona Euro akan menyusut sebesar 0,4 persen di tahun 2013.

Level daya beli di Prancis juga tengah menurun dan hal ini memicu minusnya performa ekonomi Prancis. Resesi yang menimpa Prancis ini telah menyebabkan tingkat pengangguran di Prancis terus meningkat.

Menyangkut hal ini, Bank Sentral Eropa telah memangkas suku bunga ke rekor terendah untuk merangsang pertumbuhan ekonomi di Prancis.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home