Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:36 WIB | Rabu, 16 Maret 2016

Prancis Peringkat Tertinggi Remaja Perokok Ganja

Ilustrasi. (Foto: dailymail.co.uk)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Prancis dan Kanada menjadi negara dengan persentase tertinggi dalam penggunaan ganja dan banyak terdapat pada remaja berusia 15 tahun, dari 42 negara yang disurvei World Health Organization, menurut laporan badan PBB tersebut pada Selasa (15/3).

Prancis termasuk negara yang paling ketat dalam penertiban ganja dibandingkan negara di Eropa lainnya, sehingga hasil temuan itu cukup mengejutkan.

Sebagai contoh Amsterdam, telah melegalkan penggunaan ganja di kafe, dan Barcelona memiliki klub pengguna ganja. Namun, baik Belanda maupun Spanyol tidak termasuk dalam delapan negara peringkat tertinggi. Kafe menjadi tempat sejumlah remajanya dalam menggunakan ganja dalam 30 hari terakhir, menurut studi tersebut, berdasarkan data pada 2014.

Sebanyak 15 persen dari remaja berusia 15 tahun di Prancis, dengan jumlah perokok ganja pria sedikit lebih banyak dibandingkan perempuan sedangkan Kanada menempati peringkat kedua.

Sedangkan Italia, Swiss, dan Bulgaria masuk ke dalam peringkat lima besar. Wilayah Belgia berbahasa Prancis serta Polandia dan Slovenia mencatat persentase dua digit lebih rendah, untuk perokok ganja pria, dan satu digit bagi perokok ganja wanita.

Menurut hasil penelitian tersebut, para remaja di usia belia berpeluang besar, mengonsumsi ganja, jika ada teman atau saudara lebih tua yang mengonsumsi barang terlarang tersebut.

Kurangnya perhatian atau sebaliknya disiplin sangat keras dari orangtua juga berkorelasi dengan tingginya tingkat konsumsi ganja. (AFP/Ant)

 

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home