Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:08 WIB | Selasa, 24 Agustus 2021

Prancis: Unjuk Rasa Menuntut Evakuasi Warga Afghanistan

Para pengunjuk rasa memegang spanduk selama rapat umum untuk mendukung evakuasi warga Afghanistan setelah pengambilalihan negara oleh Taliban, di Place de la Republique di Paris pada Minggu (22/8). (Foto: AFP/Stephane De Sakutin)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Ratusan orang termasuk banyak warga Afghanistan berdemonstrasi di Paris pada hari Minggu (22/8) untuk menuntut "evakuasi segera" keluarga yang terancam di Afghanistan, sempekan setelah Taliban mengambil alih di sana.

“Kami menuntut pemulangan segera semua keluarga dan orang-orang yang berada dalam bahaya,” kata seorang pekerja sosial berusia 31 tahun, yang juga seorang pengungsi yang hanya menyebut namanya sebagai Ezat, kepada AFP.

Para pengunjuk rasa melambaikan tanda dan spanduk bertuliskan “Kehidupan Afghanistan penting,” “Evakuasi sekarang” dan “Selamat datang warga Afghanistan.”

“Kami di sini untuk keluarga kami,” kata Muhammad Younas, 24 tahun. "Mereka tidak aman di sana... jika mereka tetap tinggal, mereka akan mati."

Reza Jafari, kepala asosiasi Children of Afghanistan and Elsewhere dan penyelenggara acara hari Minggu, mengatakan kepada para pengunjuk rasa: “Sebuah bencana kemanusiaan sedang berlangsung. Kita harus mencegahnya sekarang, membuka koridor kemanusiaan sehingga orang yang ingin pergi bisa pergi.”

Penyelenggara menuntut pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Jean Yves Le Drian, yang mengatakan kepada Journal du Dimanche bahwa kasus ratusan warga Afghanistan yang ingin pergi akan ditinjau.

Tentara Prancis telah menerbangkan sekitar 600 orang yang sebagian besar warga Afghanistan dalam lima penerbangan dari Kabul dalam sepekan sejak runtuhnya pemerintah Afghanistan. Penerbangan keenam pada Minggu malam. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home