Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:48 WIB | Senin, 07 Juli 2014

Prediksi Brasil vs Jerman: Duel Pembuktian Diri

Duel adu strategi antara Luiz Felipe Scolari (kiri) dengan Joachim Loew (kanan), akan menjadi penentu langkah masing-masing tim asuhannya di Piala Dunia 2014. (Foto: satuharapan.com)

SATUHARAPAN.COM – Brasil dan Jerman akan kembali bertemu untuk kedua kalinya di perhelatan sepak bola terbesar dunia. Pada edisi tahun ini, kedua kesebelasan dituntut membuktikan kehebatan dirinya dalam laga Semifinal Piala Dunia 2014 yang akan tersaji dari Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, pada Rabu (9/7), pukul 03.00 WIB.

Bila melihat sejarah dua pertemuan resmi terakhir Brasil dan Jerman di turnamen resmi, Selecao (tim terseleksi) julukan timnas sepak bola Brasil sukses menyapu seluruh laga kontra Jerman dengan kemenangan. Pada Final Piala Dunia 2002, di Jepang dan Korea Selatan, Brasil memukul Jerman 2-0, selanjutnya saat turnamen Piala Konfederasi 2005, di Jerman, Brasil kembali unggul dari tim berjuluk Der Panzer itu dengan skor 3-2.

Oleh karena itu petandingan nanti bertajuk duel pembuktian diri. Brasil bersama Luiz Felipe Scolari dituntut membuktikan diri bahwa mereka selalu berhasil menjinakkan Panzer, sedangkan Joachim Loew dari kubu Jerman ditantang menghentikan Brasil menari samba di atas lapangan.

Selain itu, kecerdikan Scolari meramu strategi juga mendapat tantangan dalam laga ini. Ia dituntut memberi kemenangan bagi Brasil tanpa kehadiran Neymar Jr dan kapten Thiago Silva. Dua bintang Selecao ini dipastikan absen dalam semifinal besok, Neymar diterpa cedera punggung, sedangkan Silva harus menjalani hukuman satu pertandingan usai menerima akumulasi kartu kuning.

Di kubu Jerman, Loew tidak terlalu pusing dalam meramu strategi. Pilar inti permainan Der Panzer dipastikan berlaga, mereka tidak memiliki masalah seperti cedera ataupun akumulasi kartu kuning.

Namun, yang menjadi permasalahan bagi Jerman adalah fakta sejarah. Sejak melakoni laga uji coba pada 1963, dimana Brasil bertindak sebagai tuan rumah, belum sekali pun Jerman membukukan kemenangan. Hasil paling maksimal adalah menahan imbang tim Negeri Samba tersebut.

Duel Lini per Lini

Di lini depan Brasil, harapan besar akan bergantung pada sosok Fred (Frederico Guedes). Pemain yang baru menciptakan satu gol di Piala Dunia 2014 ini akan menjadi tumpuan Selecao merobek jala lawan. Tanpa kehadiran Neymar, Fred kemungkinan akan ditopang pemain mungil Bernard Duarte.

Bernard adalah sosok gelandang serang yang kini merumput bersama klub Shaktar Donetsk, Ukraina. Sepanjang musim 2013/2014, ia bermain dalam 18 pertandingan dan membukukan dua gol. Pemain nan memiliki postur badan 168 cm ini, akan menjadi pilihan Scolari mengisi Neymar, dengan harapan ia memiliki semangat ekstra kala kembali berlaga di stadion mantan klubnya sebelum ke Shaktar Donetsk, Atletico Mineiro (2006-2013).

Sementara di sektor serang Jerman, Loew diperkirakan kembali menurunkan nama penyerang veteran, Miroslav Klose. Semangat pemain bernomor punggung 11 untuk memecahkan rekor gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa diharap mampu melumpuhkan kesolidan Julio Cesar di bawah mistar Brasil.

Pada lini tengah, laga nanti diprediksi mempertemukan Bastian Schweinsteiger dengan Jose Paulo Junior (Paulinho). Kedua pemain tersebut akan menjadi penghalang bola ke pertahanan sekaligus pengatur tempo serangan masing-masing kesebelasan.

Selanjutnya, sosok Dante Santos kemungkinan menjadi sorotan di lini pertahanan Brasil. Pemain yang merumput bersama klub asal Jerman, Bayern Muenchen tersebut akan menambal ketidakhadiran Silva. Sebagai pemain nan merumput di Liga Jerman, Dante memiliki pengetahuan tentang kekuatan Der Panzer.

Selain itu, strategi yang diterapkan Jerman saat ini ialah strategi yang diadopsi dari gaya permainan Bayern Muenchen, sehingga kehadiran Dante dapat menjadi ancaman bagi strategi Jerman pada laga nanti. Di barisan Panzer, sosok Hummels akan menjadi andalan Joachim Loew. Ia akan dipercaya menghentikan tarian samba mengancam jala Manuel Neuer.

Dibawah mistar, kedua tim akan tetap mempercayai ketangguhan kiper utama mereka. Cesar dari Brasil baru kemasukan empat gol, sementara jala Neuer dari Jerman hanya kebobolan tiga gol, di Piala Dunia 2014.

Perkiraan Susunan Pemain (Brasil vs Jerman)

Brasil (4-4-1-1): Julio Cesar, Alves, Dante, David Luiz, Marcelo, Fernandinho, Paulinho, Hulk, Oscar, Bernard, Fred

Pelatih: Luiz Felipe Scolari (Brasil)

Jerman (4-3-3): Neuer, Lahm, Hummels, Jerome Boateng, Hoewedes, Kroos, Schweinsteiger, Khedira, Mueller, Oezil, Klose

Pelatih: Joachim Loew (Jerman)

Prediksi SatuHarapan.com: Brasil 2-1 Jerman

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home