Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:50 WIB | Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Filipina Ingatkan Tindakan Balasan terhadap Agresi China di Laut

Foto yang disediakan oleh Penjaga Pantai Filipina, sebuah kapal penjaga pantai China, di atas, mencoba memblokir kapal pemerintah Filipina di Laut Cina Selatan yang disengketakan pada Kamis 21 Maret 2024. Kapal penjaga pantai China, yang didukung oleh helikopter militer, mencoba untuk memblokir secara berbahaya namun gagal menghentikan dua kapal pemerintah Filipina yang membawa ilmuwan mencapai dua gundukan pasir tandus bernama Sandy Cay di Laut Cina Selatan yang disengketakan, kata para pejabat Filipina pada hari Jumat. (Foto: Penjaga Pantai Filipina via AP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Filipina pada hari Kamis (28/3) mengatakan bahwa pemerintahnya akan mengambil tindakan terhadap apa yang disebutnya sebagai serangan berbahaya yang dilakukan oleh penjaga pantai China dan kapal-kapal yang dicurigai sebagai kapal milisi di Laut Cina Selatan yang disengketakan, dengan mengatakan “Rakyat Filipina tidak akan menyerah.”

Ferdinand Marcos Jr. tidak memberikan rincian tindakan yang akan diambil pemerintahnya pada minggu-minggu berikutnya, namun mengatakan bahwa tindakan tersebut akan “proporsional, disengaja dan masuk akal dalam menghadapi serangan yang dilakukan oleh agen secara terbuka, terus-menerus, dan ilegal, koersif, agresif dan berbahaya oleh penjaga pantai China dan milisi maritim China.”

“Kami tidak ingin berkonflik dengan negara mana pun,” tulis Marcos di X, sebelumnya Twitter, namun mengatakan Filipina tidak akan “takut diam.”

Peringatan Marcos adalah tanda terbaru dari meningkatnya perselisihan antara China dan Filipina di perairan yang disengketakan yang telah menyebabkan tabrakan kecil antara penjaga pantai dan kapal-kapal lain dari negara-negara pengklaim yang bersaing, memicu perang kata-kata dan ketegangan hubungan.

China dan Filipina, serta Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan Brunei, mempunyai klaim yang tumpang tindih di jalur perairan yang kaya sumber daya dan sibuk ini, tempat sebagian besar perdagangan dan minyak dunia transit.

Pejabat China di Manila atau Beijing tidak segera menanggapi peringatan publik Marcos, yang dikeluarkannya selama Pekan Suci – salah satu periode keagamaan paling suci di negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma.

Marcos mengatakan, dia mengeluarkan pernyataan tersebut setelah bertemu dengan pejabat tinggi pertahanan dan keamanan nasional Filipina, yang menyampaikan rekomendasi mereka. Dia menambahkan tanpa menjelaskan lebih lanjut bahwa dia juga telah melakukan pembicaraan terus-menerus dengan “sekutu, mitra, dan teman-teman di komunitas internasional,” yang menurutnya telah menawarkan untuk membantu Filipina melindungi kedaulatannya.

Dalam permusuhan terbaru pada hari Sabtu (23/3), penjaga pantai China menggunakan meriam air yang melukai beberapa awak angkatan laut Filipina dan merusak parah kapal pasokan kayu mereka di dekat Second Thomas Shoal yang disengketakan. Ledakan meriam tersebut begitu kuat hingga membuat seorang awak kapal terlempar, namun awak kapal tersebut malah menabrak dinding dan bukannya terjun ke laut, kata para pejabat militer Filipina.

Pemerintah Filipina memanggil diplomat kedutaan besar Chinadi Manila untuk menyampaikan “protes terkuatnya” terhadap China. Beijing menuduh kapal-kapal Filipina menyusup ke perairan teritorial China, memperingatkan Manila untuk tidak “bermain api” dan mengatakan China akan terus mengambil tindakan untuk mempertahankan kedaulatannya.

Amerika Serikat mengutuk tindakan penjaga pantai China dan memperbarui peringatan bahwa mereka wajib membantu Filipina berdasarkan Perjanjian Pertahanan Bersama tahun 1951 jika pasukan, pesawat, dan kapal Filipina mengalami serangan bersenjata, termasuk di mana pun di wilayah tersebut di Laut Cina Selatan.

Beijing telah memperingatkan Washington untuk menjauhi apa yang disebutnya murni perselisihan Asia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home