Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:29 WIB | Selasa, 28 Februari 2023

Resolusi PBB Serukan Rusia Akhiri Perang dan Tarik Pasukan dari Ukraina

Menteri luar negeri Jerman, Annalena Baerbock, berpidato di Majelis Umum PBB sebelum pemungutan suara untuk resolusi PBB yang menjunjung integritas teritorial Ukraina dan menyerukan penghentian permusuhan setelah invasi Rusia, Kamis 23 Februari 2023 di markas besar PBB. (Foto: AP/Bebeto Matthews)

PBB, SATUHARAPAN.COM - Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) pada Kamis (23/2) menyetujui resolusi tidak mengikat yang menyerukan Rusia untuk mengakhiri permusuhan di Ukraina dan menarik pasukannya, mengirimkan pesan yang kuat pada malam peringatan pertama invasi bahwa agresi Moskow harus dihentikan.

Resolusi tersebut, yang disusun oleh Ukraina setelah berkonsultasi dengan sekutunya, lolos dengan suara 141 mendukung, tujuh menolak, dan 32 abstain.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan pemungutan suara itu menjadi lebih banyak bukti bahwa tidak hanya Barat yang mendukung negaranya. “Pemungutan suara ini menentang argumen bahwa global selatan tidak berpihak pada Ukraina,” kata Kuleba. “Banyak negara yang mewakili Amerika Latin, Afrika, Asia memilih mendukung.”

Majelis Umum telah menjadi badan PBB terpenting yang berurusan dengan Ukraina karena Dewan Keamanan, yang bertugas menjaga perdamaian dan keamanan internasional, dilumpuhkan oleh hak veto Rusia. Resolusi Majelis Umum tidak mengikat secara hukum, tidak seperti resolusi Dewan Keamanan, tetapi berfungsi sebagai barometer opini dunia.

Tujuh negara yang memberikan suara menentang resolusi Kamis itu adalah Belarusia, Nikaragua, Rusia, Suriah, Korea Utara, Eritrea, dan Mali, yang telah mengembangkan hubungan militer yang erat dengan Rusia. Amandemen yang diusulkan oleh Belarusia akan melemahkan atau melucuti sebagian besar pernyataan tersebut, tetapi kalah telak.

Pemungutan suara itu sedikit di bawah total tertinggi untuk lima resolusi sebelumnya yang disetujui oleh badan dunia beranggotakan 193 negara itu sejak Rusia mengirim pasukan dan tank melintasi perbatasan ke tetangganya yang lebih kecil pada 24 Februari 2022. Penghitungan itu, dalam resolusi Oktober terhadap keputusan Rusia melakukan aneksasi ilegal, mendapat persetujuan dari 143 negara.

Seruang Hormati Piagam PBB

Menteri luar negeri dan diplomat dari lebih dari 75 negara berpidato di majelis selama dua hari debat, dengan banyak mendesak dukungan untuk resolusi yang menjunjung integritas teritorial Ukraina, prinsip dasar Piagam PBB yang harus diikuti oleh semua negara ketika mereka bergabung dengan organisasi dunia.

Perang telah menewaskan puluhan ribu di kedua sisi dan telah menghancurkan seluruh kota Ukraina menjadi reruntuhan dan dampaknya telah dirasakan di seluruh dunia dalam biaya makanan dan bahan bakar yang lebih tinggi serta kenaikan inflasi.

Wakil duta besar Venezuela berbicara kepada dewan atas nama 16 negara yang memilih menentang atau abstain pada hampir semua lima resolusi sebelumnya tentang Ukraina: Belarusia, Bolivia, Kamboja, China, Kuba, Eritrea, Guinea Khatulistiwa, Iran, Laos, Mali, Nikaragua, Korea Utara, St. Vincent, Suriah, Venezuela, dan Zimbabwe.

Sementara negara-negara lain fokus pada tindakan Rusia, Wakil Duta Besar Venezuela, Joaquín Pérez Ayestarán, mengatakan pada hari Rabu bahwa semua negara tanpa kecuali “harus secara ketat mematuhi Piagam Perserikatan Bangsa-bangsa,” sebuah penggalian yang hampir tidak terselubung pada tatanan internasional yang telah lama didominasi oleh AS dan Eropa, dan pada apa yang disebut beberapa pelanggaran piagam.

Ayestarán mengatakan negara-negara dalam kelompoknya menentang apa yang disebutnya tindakan memecah belah di Majelis Umum, dan untuk "semangat kompromi."

Sedikit Sinyal Rusia untuk Perdamaian

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan kepada wartawan bahwa agresor dan korban tidak dapat disejajarkan.

“Rusia belum mengirimkan sinyal positif apa pun tentang kesediaan minimum untuk bekerja demi perdamaian,” kata Borrell. Sebaliknya, Rusia mengintensifkan serangan, menembakkan 50.000 peluru setiap hari, dan telah menempatkan 300.000 tentara di garis depan, dua kali lipat dari 150.000 yang dikumpulkan sebelum invasi, katanya.

Menghadapi kenyataan ini, kata Borrell, UE dan Barat harus mendukung Ukraina secara militer, menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, dan mencoba mengisolasi Moskow secara diplomatis yang coba dilakukan oleh para pendukung Kyiv di PBB minggu ini.

China Mengaku Netral dalam Konflik

Wakil duta besar China untuk PBB, Dai Bing, mengatakan kepada majelis pada hari Kamis: “Kami mendukung Rusia dan Ukraina dalam bergerak menuju satu sama lain. ... Komunitas internasional harus melakukan upaya bersama untuk memfasilitasi pembicaraan damai.”

China mengatakan netral dalam konflik dan pendukung pembicaraan damai, tetapi tidak mengkritik invasi atau menggambarkannya seperti itu. Beijing mengutuk Amerika Serikat dan sekutunya atas sanksi terhadap Moskow dan bantuan militer ke Ukraina. China dan Rusia semakin menyelaraskan kebijakan luar negeri mereka untuk menentang tatanan internasional yang dipimpin AS.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, menegaskan kembali kekuatan hubungan tersebut ketika dia bertemu dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin selama kunjungan ke Moskow pekan ini.

Dukungan Negara Dunia Selatan

Secara lebih luas, Rusia dan Ukraina telah berusaha mendapatkan dukungan dari seluruh dunia.

Kepala kantor kepresidenan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Andriy Yermak, berbicara pada hari Selasa tentang resolusi PBB dengan penasihat keamanan nasional India karena “Ukraina tertarik pada dukungan seluas mungkin untuk resolusi tersebut, khususnya dari negara-negara dunia selatan,” kata pernyataan dari kantor Zelenskyy.

India memiliki ketergantungan Perang Dingin pada Uni Soviet dan beberapa kali abstain dalam pemungutan suara pada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut Rusia menghentikan invasi.

Negara-negara yang kurang kuat, termasuk banyak negara di Afrika, juga terjebak dalam pertikaian diplomatik.

“Kami dijajah, dan kami dimaafkan mereka yang menjajah kami. Sekarang penjajah meminta kita untuk menjadi musuh Rusia, yang tidak pernah menjajah kita; apakah itu adil?” kata Menteri luar negeri Uganda, Abubaker Jeje Odongo, mengatakan kepada kantor berita Sputnik bulan ini.

Rusia adalah pemasok senjata utama Afrika dan Odongo juga mencatat bahwa sebagian besar peralatan militer negaranya adalah buatan Rusia.

“Negara-negara di Afrika secara tradisional melekat pada divisi Perang Dingin ke Uni Soviet, memiliki nostalgia lama, tetapi juga Rusia memiliki alat yang bagus, bagaimana memotivasi mereka untuk berada di pihak mereka,” kata Menteri Luar Negeri Slovakia, Rastislav Káčer, mengatakan kepada wartawan di New York pada hari Kamis.

“Dan kemudian ada negara lain, seperti China, yang merupakan kekuatan besar, dan dengan sangat hati-hati mengikuti apa yang terjadi, dan menghitung apa yang baik untuk mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home