Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:14 WIB | Senin, 27 Februari 2023

Presiden Irak: Negaranya Sekarang Damai dan Hidup Kembali

Presiden Irak, Abdul Latif Rashid, diwawancarai oleh The Associated Press di bekas istana Saddam Hussein di Zona Hijau tua di Baghdad, Irak, Minggu, 26 Februari 2023. (Foto: AP/Jerome Delay)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Hampir 20 tahun setelah penggulingan Saddam Hussein oleh pasukan pimpinan Amerika Serikat, Presiden Irak, Abdul Latif Rashid, ingin dunia tahu bahwa negaranya sekarang damai, demokratis, dan berniat membangun kembali kehidupan ekonomi sambil mempertahankan pemerintahan yang melayani seluruh negara dan daerah.

Rashid mengatakan kepada The Associated Press pada hari Minggu (26/2) bahwa setelah mengatasi kesulitan selama dua dekade terakhir, Irak siap untuk fokus pada peningkatan kehidupan sehari-hari rakyatnya. Kesulitan itu termasuk bertahun-tahun perlawanan terhadap pasukan asing, kekerasan antara Sunni dan Syiah, dan serangan oleh ekstremis kelompok Negara Islam (ISIS) yang pernah menguasai wilayah yang luas, termasuk kota terbesar kedua di Irak, Mosul.

“Perdamaian dan keamanan ada di seluruh negeri, dan saya akan sangat senang jika Anda akan melaporkan itu dan menekankan hal itu, alih-alih memberikan gambaran tentang Irak ... masih (sebagai) zona perang, yang masih banyak media lakukan,” kata Rasyid.

Sementara pertempuran besar Irak telah berakhir, ada beberapa kekerasan baru-baru ini – termasuk pada hari pemilihan Rashid, yang terjadi setelah kebuntuan selama setahun setelah pemilihan Oktober 2021. Menjelang pemungutan suara, setidaknya sembilan roket menargetkan Parlemen Irak di dalam Zona Hijau Baghdad.

Setelah pemilihan Rashid, dia mencalonkan Perdana Menteri Mohammed Shia al-Sudani, yang membentuk pemerintahan dengan dukungan koalisi partai-partai yang didukung Iran dan dengan janji meningkatkan keamanan dan layanan publik.

Terlepas dari kekayaan minyaknya, infrastruktur Irak tetap lemah. Generator swasta mengisi jam-jam pemadaman listrik negara setiap hari. Proyek transportasi umum yang telah lama dijanjikan, termasuk metro Baghdad, belum membuahkan hasil.

Tentang Invasi AS ke Irak

Rashid mengatakan ini karena kerusakan sebagai akibat dari konflik dan sebagai akibat dari teror, sebagai akibat dari beberapa tahun hidup dalam perang.

Kritikus pemerintah mengatakan pasokan listrik yang tersendat juga merupakan akibat dari korupsi endemik, yang berakar pada sistem pembagian kekuasaan sektarian negara yang memungkinkan elite politik menggunakan jaringan patronase untuk mengkonsolidasikan kekuasaan.

Rashid, yang berbicara di kantor kepresidenannya di bekas istana Saddam, juga menegaskan bahwa sebagian besar warga Irak percaya invasi tahun 2003 ke Irak yang dikuasai Saddam oleh Amerika Serikat dan sekutunya diperlukan karena kebrutalan mantan diktator itu.

Dia mengatakan dia percaya kebanyakan orang Irak, "termasuk semua lapisan masyarakat, Kurdi, Sunni, Kristen, Syiah, mereka semua menentang" Saddam dan menghargai bahwa AS dan sekutunya datang untuk "menyelamatkan" Irak.

“Jelas hal-hal tertentu tidak berjalan seperti yang kami harapkan. Tidak ada yang mengharapkan Daesh (kelompok Negara Islam/ISIS) dan tidak ada yang mengharapkan bom mobil,” katanya. “Seharusnya sejak awal dikendalikan. Seharusnya dipelajari dan direncanakan sejak awal. Saya pikir mitosnya adalah begitu Saddam disingkirkan, Irak menjadi surga.”

Kenyataannya terbukti lebih sulit, katanya, tetapi itu tidak melemahkan komitmen Irak terhadap demokrasi. “Bahkan jika Anda memiliki konflik dan jika kita memiliki argumen, lebih baik memiliki kebebasan dan demokrasi daripada kediktatoran,” katanya.

Namun, demonstrasi massa anti pemerintah yang dimulai pada akhir 2019 seringkali dipadamkan secara paksa. Ratusan pengunjuk rasa dibunuh oleh pasukan keamanan dan kelompok bersenjata yang didukung negara.

Demokrasi dan Pembagian Kekuasaan

Rashid mengakui masih ada konflik, namun mengimbau warga Irak, khususnya generasi muda, untuk bersabar dan percaya pada masa depan. “Kami tidak punya banyak pilihan selain hidup bersama ... dan biarkan pemilihan demokratis kami terjadi untuk mewakili nilai-nilai kami,” kata Rashid, seorang politisi veteran Kurdi dan mantan menteri air setelah penggulingan Saddam.

Rashid mengambil alih kursi kepresidenan pada bulan Oktober. Di bawah pengaturan pembagian kekuasaan tidak resmi Irak, presiden negara itu selalu seorang Kurdi, perdana menteri seorang Syiah dan ketua parlemen seorang Sunni.

Pekerjaan Rashid mencakup membantu menjaga keseimbangan yang rapuh di antara berbagai pusat kekuatan politik Irak dan hubungan yang seimbang dengan AS dan Iran, dua pendukung utama  pemerintah, dan seringkali berlawanan dengan pendukung internasional.

Tindakan penyeimbangan tercermin dalam sebuah monumen di dekat bandara Baghdad. Itu memuji komandan Pengawal Revolusi Iran, Qassem Soleimani, yang menjadi sasaran dan terbunuh dalam serangan udara AS tahun 2020.

Meningkatkan hubungan dengan tetangga termasuk Iran, Suriah, Kuwait, Arab Saudi, Turki dan Yordania merupakan sumber kekuatan bagi Irak, kata Rashid. Negara-negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi selama bertahun-tahun menjaga jarak dari Irak, sebagian karena hubungannya dengan Iran.

Dia mencatat dengan bangga bahwa Irak menjadi tuan rumah pertemuan anggota parlemen senior Arab di Timur Tengah pada hari Sabtu dan menyatakan kesediaan negara itu untuk terus melayani sebagai mediator dalam pembicaraan yang sekarang terhenti antara saingan regional Iran dan Arab Saudi.

Tegas pada Masalah Korupsi

Rashid juga berjanji akan mengambil tindakan keras terhadap korupsi.

Pada bulan Oktober, muncul laporan bahwa lebih dari US$2,5 miliar pendapatan pemerintah Irak digelapkan oleh jaringan bisnis dan pejabat dari otoritas pajak negara tersebut. Dan dalam beberapa bulan terakhir, di tengah tuduhan pencucian uang yang meluas yang digunakan untuk menyelundupkan dolar ke Iran dan Suriah. AS telah mengambil langkah-langkah untuk memperketat pasokan dolar Irak, memberi tekanan pada mata uang.

“Saya akui, kami memang memiliki dan kami masih memiliki beberapa masalah dengan korupsi, tetapi pemerintah sangat serius (untuk memeranginya),” kata Rashid, menambahkan bahwa pemerintah dan bank sentral sedang mengambil langkah-langkah untuk mengatur transfer ke luar negeri, untuk mencegah pencucian uang.

Secara ekonomi, katanya, Irak berfokus pada pembangunan kembali industri dan pertanian yang rusak akibat konflik bertahun-tahun, dan mengembangkan cadangan gas alamnya agar tidak bergantung pada pembelian gas dari negara tetangga, terutama Iran.

Terlepas dari devaluasi mata uang dan inflasi dalam beberapa bulan terakhir, prospek Irak bagus, katanya, didukung oleh produksi minyak yang kuat dan harga minyak global yang tinggi.

“Irak secara ekonomi berada dalam posisi yang sehat dan mungkin salah satu negara di dunia yang (tidak) mengalami defisit anggaran kami,” ujarnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home