Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:12 WIB | Senin, 15 Februari 2016

Presiden Jokowi Tiba di California

Presiden Joko Widodo turun dari pesawat saat transit di Honolulu, sebelum melanjutkan perjalanan ke California untuk mengikuti KTT ASEAN-AS. (Foto: Antaranews/Hanni Sofia)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan, tiba di Bandar Udara Internasional Palm Springs, California, Amerika Serikat (AS), menjelang senja hari waktu setempat, untuk menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS (ASEAN-US Summit).

Setelah menempuh perjalanan panjang, dengan dua kali transit di Guam dan Honolulu, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, tiba di Bandar Udara Internasional Palm Springs, California, AS, pada Minggu (14/2) sekitar pukul 17.05 waktu setempat, seperti diberitakan Antara.

Saat Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Rancho Mirage California, AS, suhu udara berkisar 15-20 derajat celcius dengan selisih waktu antara California dan Jakarta sekitar 15 jam.

Begitu tiba, setelah pintu pesawat terbuka, Duta Besar RI untuk AS, Budi Bowoleksono dan Asisten Kepala Protokol AS, Gladys Boluda, naik ke pesawat kepresidenan Republik Indonesia-1, dan mempersilakan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo turun dari pesawat.

Di bawah tangga, Presiden Jokowi disambut di antaranya oleh istri Duta Besar RI untuk AS, Reshanty Bowoleksono, dan Atase Pertahanan KBRI Washington DC, Marsma Fajar Sumaridjadi.

Pada pukul 17.20 waktu setempat, Presiden dan rombongan menuju Miramonte Resort Indian Wells, California.

menempuh sekitar 30 menit perjalanan darat, atau pukul 17.50 waktu setempat, Presiden tiba di Miramonte Resort, disambut oleh GM Miramonte Resort Christina Delgado dan home staff KJRI Los Angeles.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima bunga tangan dari perwakilan putra/putri Indonesia di Los Angeles, AS.

Rencananya Presiden akan menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS (ASEAN-US Summit) dengan tuan rumah Presiden AS Barack Obama.

KTT ASEAN-AS dilaksanakan dua hari, 15-16 Februari 2016, di Sunnylands, California, AS. Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan menuju ke San Fransisco, California, AS, untuk menyampaikan pidato kunci pada acara US-ASEAN Business Council (US-ABC) pada tanggal 17 Februari 2016.

Dalam keterangan pers sesaat sebelum meninggalkan Jakarta, seperti diberitakan situs setkab.go.id, Presiden Jokowi menyampaikan, Indonesia akan mengusung tema "Kerja sama untuk Perdamaian dan Kesejahteraan (Partnership for Peace and Prosperity)". Presiden menilai, baik ASEAN maupun AS memiliki kewajiban untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan serta dunia. “Kemitraan ASEAN-AS harus mendatangkan manfaat seimbang bagi kesejahteraan rakyat ASEAN dan AS,” kata Presiden.

Ke San Fransisco

Selain menghadiri US-ABC, Presiden Jokowi juga akan berkunjung ke Silicon Valley. “Kesempatan ini akan digunakan untuk bertemu dengan CEO perusahaan-perusahaan raksasa di bidang IT,” kata Presiden.‎

Presiden Jokowi, juga akan menggunakan kesempatan kunjungan ke AS kali ini untuk bertemu dengan diaspora Indonesia di San Fransisco yang jumlahnya cukup besar.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home