Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 20:45 WIB | Rabu, 19 Juli 2023

Presiden Rusia, Vladimir Putin, Tidak Hadiri KTT BRICS di Afrika Selatan

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan pidato televisi di Moskow, Rusia, pada 24 Juni 2023. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, tidak akan menghadiri KTT kelompok negara-negara BRICS (Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan) di Afrika Selatan pada bulan Agustus "berdasarkan kesepakatan bersama," kata kepresidenan Afrika Selatan pada hari Rabu (19/7).

Rusia akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov, sebagai gantinya, kata kepresidenan dalam sebuah pernyataan.

Afrika Selatan menghadapi dilema menjadi tuan rumah KTT karena, sebagai anggota Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), itu akan terjadi secara teoritis diperlukan untuk menangkap Putin atas dugaan kejahatan perang jika dia hadir.

ICC telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Putin.

Para pemimpin Brasil, India, China dan Afrika Selatan akan menghadiri KTT tersebut, kata kepresidenan.

Pihak Rusia tidak memberi tahu Afrika Selatan bahwa menangkap Presiden Vladimir Putin dengan surat perintah penangkapan dari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) akan berarti "perang", kata Kremlin pada hari Rabu.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan, bagaimanapun, bahwa semua orang mengerti, tanpa harus dijelaskan kepada mereka - apa arti upaya untuk melanggar hak Putin.

Pengajuan pengadilan lokal yang diterbitkan pada hari Selasa menunjukkan bahwa Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, telah meminta izin dari ICC untuk tidak menangkap Putin karena melakukan hal itu sama dengan deklarasi perang.

Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak negara-negara bulan depan, yang mengundang semua kepala negara dari negara-negara tersebut untuk hadir. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home