Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:58 WIB | Rabu, 08 Februari 2023

Presiden Ukraina Akan Kunjungi Inggris, Bahas Pelatihan Pilot Tempur

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, ketika berpidato pada konferensi media setelah KTT UE-Ukraina di Kiev, Ukraina, Jumat, 3 Februari 2023. (Foto: dok. AP/Efrem Lukatsky)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengunjungi Inggris pada hari Rabu (8/2), perjalanan pertamanya ke Inggris sejak invasi Rusia dimulai hampir setahun lalu dan hanya perjalanan keduanya yang dikonfirmasi di luar Ukraina selama perang.

Pemerintah Inggris mengatakan Zelenskyy akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Rishi Sunak, berpidato di Parlemen dan bertemu dengan para pemimpin militer Inggris.

Inggris adalah salah satu pendukung militer terbesar Ukraina dan telah mengirimkan lebih dari dua miliar pound (US$ 2,5 miliar) senjata dan peralatan ke negara itu.

Latihan Militer Ukraina

Kunjungan itu dilakukan ketika Sunak mengumumkan bahwa Inggris akan melatih pilot Ukraina dengan “jet tempur standar NATO.” Ukraina telah mendesak sekutunya untuk mengirim jet, meskipun Inggris mengatakan tidak praktis untuk menyediakan militer Ukraina dengan pesawat tempur Inggris.

Lebih dari 10.000 tentara Ukraina juga telah dilatih di pangkalan-pangkalan di Inggris, beberapa di antara mereka berlatih di tank Challenger 2 yang dikirim Inggris.

“Saya bangga hari ini kami akan memperluas pelatihan itu dari tentara menjadi marinir dan pilot jet tempur, memastikan Ukraina memiliki militer yang mampu mempertahankan kepentingannya dengan baik di masa depan,” kata Sunak.

“Ini juga menggarisbawahi komitmen kami untuk tidak hanya menyediakan peralatan militer untuk jangka pendek, tetapi janji jangka panjang untuk bahu-membahu dengan Ukraina selama bertahun-tahun yang akan datang.”

Zelenskyy berbicara kepada Parlemen Inggris dari jarak jauh pada bulan Maret, dua pekan setelah dimulainya invasi Rusia. Dia menggemakan pidato pemimpin Perang Dunia II Winston Churchill yang terkenal “tidak pernah menyerah”, bersumpah bahwa Ukraina “akan berjuang sampai akhir di laut, di udara. Kami akan terus memperjuangkan tanah kami, berapapun biayanya.”

Sebelum Sunak menjabat, Zelenskyy telah menjalin ikatan dengan Boris Johnson, yang merupakan salah satu pendukung paling vokal Ukraina saat dia menjadi perdana menteri Inggris. Sunak menjabat pada bulan Oktober dan telah berjanji untuk mempertahankan dukungan Inggris.

Ini akan menjadi kunjungan perjalanan kedua Zelenskyy ke luar negeri sejak Rusia meluncurkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada 24 Februari. Dia mengunjungi Amerika Serikat pada bulan Desember.

Zelenskyy mungkin mencari janji Barat untuk senjata yang lebih canggih sebelum kemungkinan serangan musim semi oleh Rusia dan Ukraina.

Di Brussel, ada harapan yang meningkat bahwa pemimpin Ukraina itu mungkin juga melakukan kunjungan pertamanya ke lembaga-lembaga Uni Eropa sejak perang dimulai.

Para pemimpin dari blok 27 negara itu akan berkumpul untuk pertemuan puncak di Brussel pada Kamis (9/2). Itu akan memungkinkan Zelenskyy bertemu dengan semua pemimpin utama blok itu dalam satu hari. Zelenskyy sering berpidato di KTT UE hanya melalui panggilan video dari Ukraina.

Legislatif UE juga telah menjadwalkan sesi pleno khusus di Brussel pada hari Kamis dengan harapan Zelenskyy akan datang setelah perjalanannya ke Inggris.

Serangan Rusia

Kunjungan ke London itu terjadi ketika pasukan Rusia meledakkan daerah-daerah di Ukraina timur dengan lebih banyak pengeboman artileri, kata para pejabat Ukraina pada Rabu, dalam apa yang diyakini otoritas Kiev sebagai bagian dari serangan baru oleh pasukan Kremlin sebelum ulang tahun invasi.

Pasukan Rusia selama beberapa hari terakhir melancarkan serangan penembakan besar-besaran di daerah dekat garis depan di wilayah Kharkiv timur laut Ukraina, menewaskan seorang perempuan berusia 74 tahun dan melukai seorang gadis berusia 16 tahun di kota perbatasan Vovchansk, kataq Gubernur setempat Syniehubov.

Pasukan Rusia di Ukraina memfokuskan upaya mereka untuk "melancarkan serangan balasan" di timur wilayah industri negara itu, dengan tujuan mengambil kendali penuh atas wilayah Donetsk dan Luhansk yang membentuk Donbas, kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Pasukan Rusia melancarkan serangan di dekat Bakhmut dan Vuhledar, dua kota pertambangan di wilayah Donetsk yang menjadi salah satu target utama Moskow, kata pejabat Ukraina.

Merebut Bakhmut dapat sangat mengganggu rute pasokan militer Ukraina. Itu juga akan membuka pintu bagi pasukan Moskow untuk bergerak menuju benteng utama Ukraina di Donetsk.

Pihak berwenang Ukraina mengatakan tujuan Kremlin adalah untuk menyelesaikan kendali penuh atas Donbas, kawasan industri luas yang berbatasan dengan Rusia. Itu akan memberi Presiden Rusia, Vladimir Putin, kesuksesan besar di medan perang setelah berbulan-bulan mengalami kemunduran dan membantunya mengumpulkan opini publik di balik perang.

Analis militer mengatakan bahwa setelah serangan balasan Ukraina yang dimulai musim panas lalu dan merebut kembali wilayah yang luas dari Rusia, perang sebagian besar statis dalam beberapa bulan terakhir.

Rusia sekarang juga mencoba menerobos garis Ukraina di dekat kota Avdiivka dan Marinka di Donetsk, serta dekat Kreminna, kota garis depan di wilayah Luhansk yang terletak di sepanjang rute pasokan utama Rusia, kata Staf Umum Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home