Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:09 WIB | Selasa, 23 Maret 2021

Pria Bersenjata Bunuh 10 Orang di Sebuah Toko di Colorado, AS

Polisi bekerja di tempat kejadian di luar toko kelontong King Soopers di mana pihak berwenang mengatakan banyak orang tewas dalam penembakan pada hari Senin (22/3) sore di Boulder, Colorado. (Foto: AP/Joe Mahoney)

COLORADO, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria yang terlihat berlumuran darah dan pincang saat dia dibawa pergi oleh polisi dengan borgol. Dia ditangkap karena dicurigai membunuh 10 orang, termasuk seorang petugas polisi, di sebuah toko kelontong di Colorado, Amerika Serikat. Ini adalah kasus penembakan massal kedua yang fatal di AS dalam sepekan.

Pria bersenjata itu, yang tidak diidentifikasi secara publik, melepaskan tembakan ke outlet King Soopers di Boulder, sekitar 28 mil (45 kilometerm) barat laut Denver, pada hari Senin (22/3) sore. Itu membuat pembeli dan karyawan panik dan berlindung saat ratusan petugas polisi berkumpul di daerah tersebut.

Laporan media mengatakan tersangka, yang menurut polisi diyakini bertindak sendiri, membawa senapan. Pihak berwenang memberikan sedikit rincian dan tidak menyebutkan motif tindakan menumpahkan darah itu. Ini terjadi enam hari setelah seorang pria bersenjata melakukan pembunuhan besar-besaran di daerah Atlanta, menembak delapan orang sampai mati di spa tiga hari sebelum dia ditangkap.

Seperti penembakan itu, kekerasan hari Senin di Colorado terjadi di tempat bisnis di tangan seorang penyerang bersenjata.

"Kami sedang di kasir, dan tembakan baru saja mulai terjadi," kata Sarah Moonshadow, 42 tahun, seorang pembelanja yang berada di toko bersama putranya yang sudah dewasa, Nicholas, ketika tembakan dimulai.

“Dan aku berkata, 'Nicholas turun.' Dan Nicholas merunduk. Dan kami baru mulai mendengarkan dan di sana, tembakan berulang... dan saya hanya berkata, 'Nicholas, lari.' ”

Moonshadow mengatakan dia mencoba untuk merawat korban yang dia lihat tergeletak di trotoar di luar toko, tetapi putranya menariknya pergi, mengatakan kepadanya, 'Kita harus pergi.' ”Perempuan itu menangis terisak-isak menceritakan penderitaan mereka. "Saya tidak bisa membantu siapa pun."

Kepala Polisi Boulder, Maris Herold, suaranya tercekat karena emosi, mengatakan 10 orang tewas di tempat kejadian. Di antara mereka adalah petugas berusia 51 tahun, Eric Talley, seorang veteran 11 tahun dari kepolisian Boulder, yang menurut Herold adalah orang pertama yang tiba di toko tersebut. Talley memiliki tujuh anak, dan sedang mencari pekerjaan yang tidak terlalu berbahaya, menurut ayahnya.

Polisi mengatakan tersangka pria bersenjata dibawa ke rumah sakit untuk perawatan luka-luka yang dideritanya dalam kekerasan itu, tetapi tidak menjelaskan bagaimana dia terluka. Tidak ada kabar kapan dia akan menghadapi penampilan pengadilan awal.

Rekaman video yang disiarkan oleh stasiun televisi menunjukkan seorang pria berjanggut bertelanjang dada dengan celana pendek boxer dibawa keluar dari toko, berjalan dengan pincang dan diborgol, sebelum ia ditempatkan di atas tandu dan dimasukkan ke dalam ambulans. Salah satu kakinya tampak berlumuran darah.

 

Pembunuhan Di Colorado

Pembunuhan itu menambah deretan panjang penembakan massal di Colorado yang menyebabkan beberapa episode kekerasan senjata paling mengejutkan dalam sejarah AS modern.

Pada tahun 2012, seorang pria muda yang mengenakan perlengkapan taktis menyerbu bioskop di pinggiran kota Aurora di Denver selama pemutaran tengah malam dan menembaki penonton, menewaskan 12 orang dan melukai 70 lainnya. Pada tahun 1999, sepasang siswa melakukan penembakan mengamuk di Sekolah Menengah Columbine dekat Littleton, Colorado, membunuh 12 teman sekelas dan seorang guru, sebelum dia bunuh diri.

Video yang diambil oleh penonton, ternyata saat syuting masih berlangsung, diunggah ke media sosial dan ditayangkan di stasiun TV. Itu menunjukkan dua mayat tergeletak di tempat parkir toko bahan makanan, sebelum orang dengan kamera masuk ke dalam dan merekam tubuh ketiga, saat tiga tembakan terdengar di latar belakang.

United Food and Commercial Workers International Union, Local 7, yang mewakili 32 karyawan di outlet King Soopers, memuji beberapa pekerja toko yang membantu pelanggan melarikan diri melalui pintu keluar belakang.

Ini juga berterima kasih kepada pelanggan dan petugas tanggap darurat yang "bertindak cepat untuk mencegah hilangnya nyawa yang lebih besar."

Penembakan itu terjadi sekitar dua mil dari kampus unggulan Universitas Colorado, di area Table Mesa, kota yang merupakan rumah bagi lingkungan perumahan dan laboratorium puncak bukit Pusat Penelitian Atmosfer Nasional. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home