Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 14:19 WIB | Selasa, 19 Januari 2016

Pria Tertua di Dunia Meninggal di Usia 112

Yasutaro Koide (Foto: Daily Mail)

TOKYO, SATUHARAPAN - Pria tertua di dunia, seorang warga negara Jepang, meninggal dunia pada usia 112. Semasa hidup ia mengatakan rahasia panjang umurnya adalah tidak merokok, dan tidak minum minuman keras berlebihan.

Yasutaro Koide, lahir pada tanggal 13 Maret 1903, meninggal dunia pada hari Selasa (19/1) pagi  di sebuah rumah sakit di Nagoya, Jepang tengah, tempat ia dirawat karena masalah jantung kronis.a bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-113-nya.

Semasa muda, Koide (diucapkan "Koy-deh") bekerja sebagai penjahit. Menurut The New York Times, dia diakui oleh Guinness World of Records sebagai pria tertua di dunia pada bulan Agustus 2015.

Di Jepang, warga asli Tokyo berusia 111 tahun, Masamitsu Yoshida, yang lahir pada tanggal 30 Mei 1904, kini menggantikan Koide  sebagai pria tertua di negara itu. Tetapi ini belum menjamin apakah Yoshida juga laki-laki tertua di dunia.

Jepang, sebuah negara dengan jumlah penduduk tertua yang besar, memiliki lebih dari 61.000 rumah jompo. Hampir 90 persen adalah perempuan.

Manusia tertua di dunia adalah seorang wanita AS, berusia 116 tahun. Namanya Susannah Mushatt Jones dari Brooklyn, New York.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home