Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:13 WIB | Senin, 13 April 2015

Protes Korupsi, Ratusan Ribu Orang Unjuk Rasa di Brasil

Demonstran memprotes pemerintah Presiden Brasil, Dilma Rousseff ,di pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brasil pada 12 April 2015. (Foto: huffingtonpost.com)

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM – Ratusan ribu warga melakukan unjuk rasa untuk mengecam tindakan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah Brasil, Minggu (12/4) di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Brasil. Mereka menuduh Partai Buruh terlibat suap dengan perusahaan minyak Brasil, Petrobras. Namun, Presiden Brasil, Dilma Rousseff, membantah hal tersebut dan penyelidikan Kejaksaan Agung setempat telah memutuskan bahwa Partai Buruh tidak bersalah.

Meskipun demikian, para pengunjuk rasa yakin Presiden Brasil mengetahui skandal itu. Oposisi menyebutkan pula ada banyak dugaan suap saat Presiden Dilma menjabat sebagai kepala perusahaan minyak itu. Sejumlah kalangan meminta Dilma Rousseff mundur dari jabatan presidennya.

Dengan mengenakan kaos kuning tim sepak bola nasional sambil mengibarkan bendera Brasil, mereka meneriakkan usulan keras yang terpampang dalam poster bertuliskan “keluar Dilma” dan “pemerintah korup”.

Pada awal bulan ini, Mahkamah Agung menyetujui penyelidikan terhadap 54 pejabat publik yang diduga terlibat korupsi atas kasus kontrak dengan perusahan minyak tersebut.

Jumlah demonstran kali ini lebih sedikit dibandingkan dengan aksi demonstrasi Maret lalu yang melibatkan 1,5 juta orang.(bbc.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home