Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:56 WIB | Sabtu, 07 Januari 2017

Protes Resolusi Dewan Keamanan, Israel Pangkas Dana PBB

Foto yang diambil pada 5 Januari 2016 ini menunjukkan permukiman Israel Maale Adumim, sebelah timur Yerusalem di Tepi Barat. (Foto: AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Israel memangkas dana sekitar 6 juta dolar AS (sekitar Rp 79,9 miliar) bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa, hari Jumat (6/1), untuk memprotes resolusi Dewan Keamanan yang menuntut penghentian pembangunan permukiman di wilayah Palestina.

Dewan Keamanan mengadopsi resolusi tersebut bulan lalu setelah Amerika Serikat tidak menggunakan hak vetonya untuk mencegah langkah itu.

Pengurangan dari kontribusi tahunan Israel sebesar 40 juta dolar AS (sekitar Rp 532 miliar) untuk PBB mewakili porsi anggaran PBB yang dialokasikan bagi empat komisi yang menangani masalah Palestina, kata duta besar Israel.

“Rasanya tidak masuk akal bagi Israel untuk mendanai badan yang beroperasi melawan kami di PBB,” kata Duta Besar Israel Danny Danon dalam sebuah pernyataan.

“Kami berupaya menghentikan praktik yang hanya memanfaatkan PBB sebagai forum untuk melancarkan serangan bertubi-tubi terhadap Israel.”

Pengurangan dana tersebut merupakan yang pertama dalam serangkaian langkah-langkah balasan yang menurut duta besar Israel akan diambil di PBB setelah pemerintah baru Amerika Serikat berkuasa.(AFP)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home