Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:19 WIB | Jumat, 06 Januari 2017

Kongres AS Kecam Resolusi PBB tentang Permukiman Israel

Suasana sidang di Senat Amerika Serikat (Foto: The Times of Israel)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS), Kamis (05/01), memilih mengecam resolusi PBB yang menekan Israel terkait aktivitas permukiman mereka, menyebut langkah yang dilakukan oleh badan internasional itu bulan lalu sebagai “hambatan bagi perdamaian Israel-Palestina.”

Langkah kongres tersebut disahkan dengan suara 342 berbanding 80, dengan dukungan luas dari kedua partai. Mereka mencatatkan secara khusus bahwa penolakan pemerintah AS untuk memveto langkah Dewan Keamanan “melemahkan” posisi Washington yang menentang aksi anti-Israel di PBB.

Anggota parlemen AS - dan Presiden terpilih Donald Trump - mengecam pemerintahan Barack Obama karena memilih abstain dalam pemungutan suara yang digelar pada 23 Desember, bukannya memveto resolusi PBB, yang pada dasarnya memudahkan pengesahannya.

“Saya terkejut dengan apa yang terjadi bulan lalu. Pemerintahan ini - pemerintahan kami - mengabaikan sekutu kami Israel ketika mereka sangat membutuhkan kami,” ujar ketua DPR Paul Ryan kepada majelis tak lama sebelum pemungutan suara DPR.

“Ini waktunya memulihkan kesalahan yang dilakukan AS di PBB,” tambahnya. “Ini waktunya untuk membangun kemitraan kami” dengan Israel.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home