Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 05:16 WIB | Rabu, 25 Juni 2014

Pukul Pantai Gading 2-1, Yunani Melaju ke 16 Besar

Pukul Pantai Gading 2-1, Yunani Melaju ke 16 Besar
Gol penalti Samaras di menit 90, mengantar Yunani menang 2-1 atas Pantai Gading, sekaligus membawa timnya melenggang ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014. (Foto: fifa.com)
Pukul Pantai Gading 2-1, Yunani Melaju ke 16 Besar
Bagan fase gugur Piala Dunia 2014. (Foto: dok. satuharapan.com)

FORTALEZA, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Yunani berhasil menundukkan salah satu wakil Afrik, Pantai Gading, pada laga hidup mati yang berlangsung Estadio Governador Placido Aderaldo Castelo, Fortaleza, Rabu (25/6) dinihari WIB. Hasil ini sekaligus mengantarkan tim Negeri Seribu Dewa itu ke babak 16 besar sebagai runner up Grup C, mendampingi Kolombia.

Di awal-awal babak pertama, tempo permainan tidak berlangsung tinggi, kedua kesebelasan masih cukup berhati-hati dalam membangun serangan. Akan tetapi memasuki menit keenam, Pantai Gading nan mengenakan seragam serba hijau mulai meningkatkan tempo permainan melalui pergerakan cepat Gervinho di sisi kanan pertahanan Yunani.

Namun keadaan tersebut masih mampu dimentahkan barisan pertahanan Yunani yang digalang Papastathopoulos dan Manolas.

Menit 19, Yunani mendapatkan sedikit masalah. Penjaga gawang mereka, Karnezis yang menyambar bola hasil umpan silang Yaya Toure, mengalami gangguan di bagian punggungnya. Melihat keadaan tersebut, Fernando Santos menggantinya dengan kiper cadangan, Glykos, pada menit 24.

Tiga menit sebelum turun minum, tepatnya menit 42, pemain pengganti Samaris berhasil membawa Yunani unggul setelah memanfaatkan operan Samaras. Yunani satu, Pantai Gading nol. Hasil ini sekaligus menjadi kedudukan akhir di babak pertama.

Penalti Antar Yunani

Usai turun minum, Yunani yang tengah dalam posisi lebih unggul, justru sukses menggebrak lebih dulu. Mereka mendapatkan sepak pojok, namun pertahanan Les Elephants masih mampu menggagalkannya.

Lima menit berselang, Fernando Santos – pelatih Yunani, terlihat merubah strategi permainan timnya menjadi bertahan. Tim Negeri Seribu Dewa itu lebih banyak bermain menunggu dan mengulur waktu.

Akan tetapi saat laga memasuki menit 74, penyerang Pantai Gading yang bermain untuk Swansea City, Wilfried Bony membawa Les Elephants menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpan silang Gervinho di dalam kotak penalti, Bony langsung mendorong bola ke gawang Glykos. Kini kedudukan sama kuat 1-1.

Malapetaka bagi Pantai Gading datang di menit 91, wasit asal Ekuador, Carlos Vera menunjuk titik putih saat Samaras terjatuh di Area terlarang. Pemain bernomor punggung tujuh itu sendiri yang menjadi algojo, dan sukses menaklukan Barry. 2-1 Yunani memimpin.

Gol Samaras itu sekaligus menjadi drama terakhir dari laga Yunani kontra Pantai Gading. Karena selang beberapa detik kemudian, Carlos Vera meniup pluit, tanda pertandingan 90 menit berakhir.

Yunani Bertemu Kosta Rika

Dengan hasil ini, kesebelasan Yunani berhak melenggang ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014 sebagai runner up Grup C, karena sukses mengumpulkan empat poin. Sementara itu, di partai lainnya yang berlangsung serempak, Jepang menghadapi Kolombia, berakhir dengan skor 1-4 untuk kemenangan Kolombia.

Pada partai babak 16 Besar Piala Dunia 2014, sebagai runner up Grup C, Yunani akan berjumpa dengan Kosta Rika, sedangkan Kolombia akan berhadapan dengan Suarez cs-Uruguay.

Susunan Pemain (Yunani vs Pantai Gading)

Yunani (4-5-1): Karnezis (’24 Glykos) (penjaga gawang), Maniatis, Manolas, Samaras, Kone (’12 Samaris), Karagounis (’78 Gekas), Salpingidis, Torosidis, Lazaros, Papastathopoulos, Holebas

Cadangan: Kapino (penjaga gawang), Vyntra, Tzavellas, Moras, Fetfatzidis, Tachtidis, Tziolis, Mitroglou

Pelatih: Fernando Santos (Portugal)

Pantai Gading (4-3-3): Barry (penjaga gawang), Boka, Kolo Toure, Kalou, Tiote (’61 Bony), Gervinho (‘83 Sio), Drogba (’78 Diomande), Aurier, Yaya Toure, Serey, Bamba

Cadangan: Gbohouo (penjaga gawang), Sayouba (penjaga gawang), Djakpa, Viera, Akpa Akpro, Bolly, Gradel, Ya Konan

Pelatih: Sabri Lamouchi (Prancis)

Wasit: Carlos Vera (Ekuador)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home