Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:15 WIB | Rabu, 25 Juni 2014

Negeri Matahari Terbit “Pamit” dari Piala Dunia, Dibantai Kolombia 1-4

Negeri Matahari Terbit “Pamit” dari Piala Dunia, Dibantai Kolombia 1-4
Maya Yoshida (Jepang, kaus biru) berebut bola dengan Adrian Ramos (Kolombia, kaus kuning). (Foto-foto: fifa.com).
Negeri Matahari Terbit “Pamit” dari Piala Dunia, Dibantai Kolombia 1-4
Pendukung Kolombia bergembira di tribun penonton.
Negeri Matahari Terbit “Pamit” dari Piala Dunia, Dibantai Kolombia 1-4
Pendukung Jepang bergembira di tribun penonton.

CUIABA, SATUHARAPAN.COM – Jepang mengalami kekalahan telak dengan skor 1-4 saat menghadapi Kolombia pada pertandingan terakhir Grup C Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Stadion Arena Pantanal, Cuiaba, Brasil pada Rabu (25/6) dini hari WIB.

Jepang berada di peringkat ketiga grup dengan nilai 1, sementara Yunani yang sebelumnya juru kunci, malah kini berhasil menempati peringkat kedua dengan nilai 4, negeri Seribu Dewa akan menemani Kolombia melaju ke babak perdelapan final. Pada babak 16 besar, Kolombia selaku juara Grup C akan berhadapan dengan peringkat kedua grup D, Uruguay, sedangkan Yunani menghadapi juara grup D, Kosta Rika.

Jepang memulai pertandingan dengan memegang kendali bola di menit-menit awal, negeri Matahari Terbit yang berusaha keras meraih peluang mendampingi Kolombia dari Grup C ke perdelapan final terlihat masih ragu-ragu menyusun serangan.

Bola yang sempat dikuasai para pemain Jepang mulai diambil alih negara tetangga Brasil tersebut, saat menit ke-5 Jackson Martinez menyodorkan bola menuju arah Juan Quintero, tetapi bola gagal digapai Quintero.  

Dua menit kemudian Jepang mendapat tendangan bebas, bola dari jarak 45 meter yang mengarah ke kotak penalti Kolombia sempat mengenai kepala Fredy Guarin, sebelum dibelokkan jauh oleh David Ospina.

Serangan demi serangan Kolombia di bawah asuhan Jose Pekerman menemui hasil nya pada menit ke-16, saat Jepang gagal mencetak gol karena bola diselamatkan  Ospina dan bola hinggap ke kaki Adrian Ramos. Penyerang Kolombia ini diganjal di kotak penalti oleh Yasuyuki Konno dan wasit Pedro Proenca menunjuk titik putih. Penalti dilaksanakan dengan baik oleh Juan Cuadrado.

Jepang tidak tinggal diam menit ke-27, Shinji Kagawa membuat pergerakan membahayakan bagi Kolombia, setelah berhasil menggiring bola dan melewati Eder Alvarez dan Pablo Armero, kemudian melepaskan bola yang harus dimentahkan David Ospina dengan susah payah. Maya Yoshida menerima bola hasil sepak pojok dari Keisuke Honda akan tetapi bola tidak menemui sasaran.   

Kolombia membalas peluang tersebut semenit kemudian kerja sama Jackson Martinez dan Cuadrado, bola hinggap di kaki Adrian Ramos, akan tetapi bola membentur salah satu bek Jepang dan menjauh dari kotak penalti Negeri Matahari Terbit.

Harapan bagi Jepang tercipta saat tambahan waktu babak pertama, karena bermula dari bola hasil sodoran Keisuke Honda ke kotak penalti, bola terbang di antara kepala Kagawa, dan dua bek Kolombia, Santiago Arias, dan Mejia, akan tetapi bola berhasil dimasukkan ke gawang Kolombia oleh Shinji Okazaki lewat sundulan mematikan tanpa dapat diantisipasi David Ospina.

Kolombia yang tidak sabar menanti perdelapan final sebagai juara grup menggila pada babak kedua menit ke-53, Jackson Martinez mengoper si kulit bundar ke James Rodriguez yang baru masuk pada babak kedua. Rodriguez menggiring bola beberapa langkah dan memberi bola ke rekannya, Fredy Guarin. Gelandang yang memperkuat Internazionale ini memberi keuntungan saat dia diganjal oleh Makoto Hasebe.

Jackson Martinez mengambil eksekusi bola tendangan bebas dan memberikannya kepada Carbonero, akan tetapi sundulan pemain yang baru masuk di babak kedua ini  tidak menemui sasaran.

Barulah semangat Kolombia menemui hasil di menit ke-55, James Rodriguez memberi sodoran ke Jackson Martinez, sementara Yuto Nagatomo dan Aoyama yang kebetulandi kotak penalti tidak kuasa membendung tendangan Jackson Martinez sehingga kedudukan berubah menjadi 2-1 bagi Kolombia.

Jepang nyaris membalas gol menit ke-66, saat Okubo menyundul bola hasil sodoran Okazaki dari jarak dekat tetapi bola masih dapat dihalau barisan belakang Kolombia.

Kesempatan bagi Jepang terjadi semenit kemudian tatkala Okubo dijatuhkan di kotak penalti oleh Santiago Arias, tetapi Pedro Proenca selaku wasit mengabaikan Okubo.

Usaha Jepang untuk menyamakan kedudukan sia-sia, karena Jackson Martinez dan James Rodrigues menyempurnakan kemenangan Kolombia menjadi 1-4 dengan gol menit ke-82 dan ke-90.

 Susunan Pemain Kedua Kesebelasan:

Jepang: Eiji Kawashima, Yuto Nagatomo, Toshihiro Aoyama, Atsuto Uchida, Maya Yoshida, Makoto Hasebe, Yasuyuki Konno, Keisuke Honda, Shinji Okazaki, Shinji Kagawa, Yoshito Okubo.

Kolombia: David Ospina, Santiago Arias, Eder Alvarez, Pablo Armero, Alexander Mejia, Juan Quintero, Adrian Ramos, Carlos Valdes, Juan Cuadrado, Fredy Guarin, Jackson Martinez. (fifa.com/sportsmole.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home