Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 01:16 WIB | Rabu, 25 Juni 2014

Kosta Rika Imbangi Juara Dunia 1966 Tanpa Gol

Kosta Rika Imbangi Juara Dunia 1966 Tanpa Gol
Gelandang Kosta Rika, Yeltsin Tejeda (kaus merah) menguasai bola tetapi masih dalam pengawalan Jack Wilshere (gelandnag Inggris, kaus putih). (foto-foto: fifa.com).
Kosta Rika Imbangi Juara Dunia 1966 Tanpa Gol
Para pendukung kesebelasan Inggris bersuka cita di tribun penonton.
Kosta Rika Imbangi Juara Dunia 1966 Tanpa Gol
Klasemen akhir Grup D Piala Dunia. (sumber: fifa.com).

BELO HORIZONTE, SATUHARAPAN.COM – Inggris  yang pernah menjuarai Piala Dunia 1966 hanya bermain imbang dengan kedudukan akhir 0-0 dengan Kosta Rika pada pertandingan terakhir Grup D yang berlangsung Selasa (24/6) malam WIB, di Stadion Minerao, Belo Horizonte.

Kosta Rika berada di urutan teratas grup dengan 7 poin, peringkat kedua ditempati Uruguay dengan 6 poin, sementara Italia dan Inggris segera berkemas pulang dari Piala Dunia kali ini karena hanya meraih 3 dan 1 poin. Kosta Rika selanjutnya akan menghadapi peringkat kedua grup C di perdelapan final, sementara Uruguay akan bertemu juara grup C.

Saat susunan pemain dibacakan di stadion, Roy Hodgson selaku pelatih Inggris tidak menampilkan penjaga gawang utama Joe Hart, akan tetapi memilih Ben Foster yang jarang dimainkan saat Kualifikasi Piala Dunia 2014 lalu. Duet “darah muda” mengisi lini depan Inggris dengan dipasangnya Jack Wilshere yang sehari-hari jarang diturunkan klubnya, Arsenal guna mendampingi Daniel Sturridge di lini depan, sementara pemain senior Frank Lampard menjadi jenderal lapangan menggantikan Steven Gerrard.

Jose Luis Pinto selaku pelatih Kosta Rika tidak ingin mengambil resiko, dan tetap menurunkan dua pesepak bolanya andalannya tatkala Kosta Rika melumat Italia dan Uruguay yakni Bryan Ruiz dan Joel Campbell di lini depan.

Saat pertandingan memasuki menit ke-12, Inggris hampir saja membuka keunggulan saat Wilshere menggiring bola berakselerasi memasuki kotak penalti Kosta Rika, bola langsung diterima Sturridge. Sayang penyerang Liverpool ini gagal mengoptimalkan pemberian Wilshere karena bola yang dia tendang hanya menyamping dari sisi kanan gawang Kosta Rika yang dikawal Keilor Navas.

Sturridge kembali mengancam gawang Kosta Rika enam menit kemudian, saat dia berhasil mengecoh bek Kosta Rika yang mengawalnya, Cristian Gamboa. Sturridge terlalu terburu-buru melepaskan bola masih jauh di atas gawang Keilor Navas.

Kosta Rika giliran mengancam menit ke-23, kali ini kerja sama Celso Borges yang saling mengumpankan bola dengan Joel Campbell dan Bryan Ruiz berbuah manis, sayang sekali bola melambung di atas gawang Inggris yang dikawal Ben Foster.

Para punggawa kesebelasan Negeri Ratu Elizabeth murka menit ke-27 tatkala mereka seharusnya mendapat penalti saat Sturridge dijatuhkan oleh Duarte di kotak penalti, sayang sekali kerja sama saling mengoper bola antara Sturridge, Luke Shaw, dan Ross Barkley tersebut gagal membuahkan gol. Wasit Djamel Haimoudi yang memimpin pertandingan tetap melanjutkan permainan. Hingga babak pertama usai kedudukan masih tanpa gol.

Kosta Rika masih belum dapat keluar dari kepungan Inggris di awal babak kedua, contohnya terlihat menit ke-49 saat Luke Shaw mengirim bola ke Sturridge, akan tetapi langkah Sturridge kalah cepat dengan Keilor Navas yang mengamankan bola dari gawang Kosta Rika.

Inggris yang sudah pasti tersingkir sebenarnya tak perlu mendapat kartu kuning menit ke-53,karena wasit Haimoudi menghadiahkan kartu bagi Ross Barkley yang menjegal Gamboa cukup keras.

Menit ke-63 Ben Foster yang jarang beraksi pada pertandingan ini pertama kalinya membuat penyelamatan, Foster menghentikan bola hasil tendangan Bolanos. Gelandang Kosta Rika ini berhasil menyergap bola yang gagal dikontrol sempurna oleh gelandang Inggris, Phil Jones.

Walau Wayne Rooney dan Steven Gerrard dimasukkan pelatih Roy Hodgson, akan tetapi daya gedor Inggris tetap jelek, karena hingga pertandingan berakhir tanpa gol.

Susunan Pemain:

Kosta Rika: Keylor Navas, Geancarlo Gonzalez, Roy Miller, Junior Diaz,Cristian Gamboa, Oscar Duarte, Yeltsin Tejeda, Randall Brenes, Bryan Ruiz, Celso Borges, Joel Campbell.

Inggris: Ben Foster, Gary Cahill, Chris Smalling, Phil Jones, Luke Shaw, Ross Barkley, Adam Lallana, James Milner, Frank Lampard, Jack Wilshere,  Daniel Sturridge. (fifa.com/sportsmole.co.uk).


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home