Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:26 WIB | Selasa, 07 Maret 2017

Puluhan Ribu Warga Prancis Ingin Obama Jadi Presiden Mereka

Dua orang penyelenggara petisi online memakai topeng mantan Presiden Barack Obama memasang poster kampanye untuk Obama bertuliskan: "Oui on peut!” atau "ya kita bisa" di sebuah dinding di Paris, hari Sabtu (4/3). (Foto: AP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Sekelompok warga Prancis yang akan menjadi pemilih tanpa malu-malu justru berharap Barack Obama bisa mencalonkan diri menjadi presiden di Istana Elysee, karena kecewa dengan calon presiden mereka sendiri.

Sebuah petisi Prancis yang meminta mantan presiden Amerika Serikat (AS) itu untuk ikut serta dalam pencalonan presiden Prancis berhasil mengumpulkan 48.000 tanda tangan dalam 10 hari, diharapkan bisa mencapai satu juta pendukung pada 15 Maret nanti.

“Kami sadar bahwa Obama sudah bebas di akhir mandat keduanya, jadi kami berpikir, kenapa dia tidak menjadi presiden baru Prancis saja ” kata salah satu penyelenggara kepada AFP, yang namanya tidak ingin disebut.

Namun, sayangnya Obama bukanlah warga Prancis.

Beberapa penyelenggara mengatakan mereka berharap bisa menggalang dukungan dari satu juta orang dan agar proposal mereka bisa dikaji oleh Majelis Nasional, membuka peluang untuk menawarkan status kewarganegaraan Prancis kepada Obama.

Akan tetapi, seorang penyelenggara lainnya mengakui bahwa itu “semua hanya gurauan semata.”

“Namun, hal tersebut juga memiliki arti, karena kami menyadari bahwa para pemilih tidak mengenal para calon saat ini di Prancis, dan kami tidak punya pilihan lain,” tambahnya. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home