Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:21 WIB | Selasa, 08 Maret 2022

Putin Bersikeras Lanjutkan Serangan, Meskipun Protes Anti Perang Meluas

korban sipil terus berjatuhan, dan upaya evakuasi warga dari kota Mariupol yang dikepung gagal dilaksanakan.
Putin Bersikeras Lanjutkan Serangan, Meskipun Protes Anti Perang Meluas
Mayat orang-orang yang terbunuh oleh penembakan Rusia tergeletak di jalan di kota Irpin, Ukraina, Minggu, 6 Maret 2022. Dengan retorika Kremlin yang semakin sengit dan penangguhan penghentian pertempuran, pasukan Rusia terus menembaki kota-kota yang dikepung dan jumlah orang Ukraina yang dipaksa meninggalkan negara mereka tumbuh menjadi lebih dari 1,4 juta. (Foto: AP/Diego Herrera Carcedo)
Putin Bersikeras Lanjutkan Serangan, Meskipun Protes Anti Perang Meluas
Prajurit Ukraina mencoba membantu orang-orang yang terluka, di kota Irpin, Ukraina, Minggu, 6 Maret 2022. (Foto: A/Emilio Morenatti)
Putin Bersikeras Lanjutkan Serangan, Meskipun Protes Anti Perang Meluas
Sebuah pabrik dan toko terbakar setelah dibombardir di Irpin, di pinggiran Kiev, Ukraina, Minggu, 6 Maret 2022. (Foto: AP/Emilio Morenatti)

LVIV, SATUHARAPAN.COM-Pertempuran yang terus-menerus berlangsung menghalangi upaya untuk mengevakuasi 200.000 orang dari kota Mariupol di Ukraina yang terkepung untuk hari kedua berturut-turut pada hari Minggu (6/3). Sementara Presiden Rusia, Vladimir Putin, bersumpah untuk melanjutkan serangannya, kecuali Kiev menyerah.

Kebanyakan orang yang terperangkap di kota pelabuhan itu tidur di bawah tanah untuk menghindari lebih dari enam hari dari penembakan yang hampir konstan dengan pasukan Rusia  mengepung dan memutus pasokan makanan, air, listrik dan pemanas, menurut pihak berwenang Ukraina.

Korban tewas warga sipil Ukraina akibat Invasi Rusia yang dimulai pada 24 Februari mencapai 364, termasuk lebih dari 20 anak-anak, kata PBB pada hari Minggu, dan menambahkan ratusan lainnya terluka.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia mengatakan sebagian besar korban sipil disebabkan oleh penggunaan “senjata eksplosif dengan area dampak luas, termasuk penembakan dari artileri berat dan sistem roket multi-peluncuran, serta serangan rudal dan udara.”

Moskow telah berulang kali membantah menyerang wilayah sipil.

Di Irpin, sebuah kota sekitar 25 kilometer barat laut ibukota Kiev, pria, wanita dan anak-anak yang mencoba melarikan diri dari pertempuran sengit di daerah itu terpaksa berlindung ketika rudal menghantam di dekatnya, menurut saksi mata Reuters.

Tentara dan sesama penduduk membantu para lansia bergegas ke bus yang dipenuhi orang-orang ketakutan, beberapa meringkuk saat menunggu untuk dibawa ke tempat yang aman.

Seruan Invasi Dihentikan

Invasi tersebut telah menarik kecaman hampir universal di seluruh dunia, mengirim lebih dari 1,5 juta warga Ukraina melarikan diri dari negara itu, dan memicu sanksi Barat terhadap Rusia yang bertujuan melumpuhkan ekonominya. Pemerintahan AS Joe Biden mengatakan pada Minggu bahwa pihaknya sedang menjajaki pelarangan impor minyak Rusia.

“Perang adalah kegilaan, tolong hentikan,” kata Paus Fransiskus dalam pidato mingguannya kepada orang banyak di Lapangan Santo Petrus, menambahkan bahwa “sungai darah dan air mata” mengalir dalam perang Ukraina.

Putin membuat permintaannya agar Kiev mengakhiri pertempuran dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang menyerukan gencatan senjata. Putin mengatakan kepada Erdogan bahwa dia siap untuk berdialog dengan Ukraina dan mitra asing, tetapi setiap upaya untuk menarik negosiasi akan gagal, kata sebuah pernyataan Kremlin.

Media Rusia mengatakan Putin juga berbicara melalui telepon selama hampir dua jam dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Macron mengatakan kepada Putin bahwa dia khawatir tentang kemungkinan serangan yang akan segera terjadi di kota pelabuhan bersejarah Odessa di selatan Ukraina, kata kantor Macron.

Protes pada Rusia

Protes anti perang terjadi di seluruh dunia termasuk di Rusia sendiri, di mana polisi menahan lebih dari 4.300 orang, kata kelompok pemantau protes independen. Kementerian dalam negeri mengatakan 3.500 demonstran telah ditahan, termasuk 1.700 orang di Moskow dan 750 di St. Petersburg.

Ribuan pengunjuk rasa meneriakkan "Tidak untuk perang!" dan “Malu pada Anda!,” menurut video yang diposting di media sosial oleh aktivis oposisi dan blogger. Reuters tidak dapat memverifikasi rekaman dan foto secara independen.

Demonstrasi juga terjadi di ibu kota Barat serta di India dan Kazakhstan, setelah kritikus Kremlin yang dipenjara, Alexei Navalny, menyerukan protes di seluruh dunia terhadap perang.

Di kota Mariupol yang terkepung, pihak berwenang mengatakan pada hari Minggu (6/2) bahwa mereka akan melakukan upaya kedua untuk mengevakuasi sekitar 400.000 penduduk. Tetapi rencana gencatan senjata gagal, seperti yang terjadi pada hari Sabtu, dengan masing-masing pihak saling menyalahkan.

Komite Palang Merah Internasional mengatakan upaya yang gagal untuk mengevakuasi 200.000 orang telah menggarisbawahi “tidak adanya kesepakatan yang terperinci dan berfungsi antara pihak-pihak yang berkonflik.”

"Mereka menghancurkan kami," kata Wali Kota Mariupol, Vadym Boychenko, kepada Reuters melalui panggilan video, menggambarkan keadaan kota sebelum upaya evakuasi terakhir gagal. “Mereka bahkan tidak akan memberi kita kesempatan untuk membantu yang terluka dan yang tewas karena penembakan tidak berhenti.”

Serangan pada Warga Sipil

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan Amerika Serikat telah melihat laporan yang sangat kredibel tentang serangan yang disengaja terhadap warga sipil di Ukraina, menambahkan bahwa Washington mendokumentasikan mereka untuk mendukung organisasi yang tepat dalam penyelidikan potensi kejahatan perang atas tindakan Rusia.

Moskow menyebut kampanyenya sebagai "operasi militer khusus," dengan mengatakan tidak memiliki rencana untuk menduduki Ukraina.

Sebuah konvoi besar Rusia di utara Kiev tampaknya telah membuat kemajuan terbatas dalam beberapa hari terakhir, meskipun kementerian pertahanan Rusia merilis rekaman pada hari Minggu yang menunjukkan beberapa kendaraan militer yang dilacak sedang bergerak.

Di ibu kota, tentara Ukraina memperkuat pertahanan dengan menggali parit, memblokir jalan dan bekerja sama dengan unit pertahanan sipil saat pasukan Rusia membombardir daerah di dekatnya.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengatakan roket Rusia telah menghancurkan bandara sipil di ibu kota wilayah barat-tengah Vinnytsia pada hari Minggu.

Pasukan Rusia menembaki protes terhadap pendudukan mereka di kota Ukraina selatan, Nova Kakhovka, pada hari Minggu, melukai lima orang, kata kantor berita Ukraina Interfax Ukraina, mengutip saksi mata.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan telah terjadi beberapa serangan terhadap fasilitas perawatan kesehatan Ukraina selama konflik, yang menyebabkan kematian dan cedera, namun tidak memberikan rincian.

Permintaan Senjata Lebih Banyak

Kiev memperbarui seruannya kepada Barat untuk memperketat sanksi, dan juga meminta lebih banyak senjata, termasuk permohonan untuk pesawat buatan Rusia, untuk membantunya mengusir pasukan Rusia.

Berbicara dalam perjalanan ke negara tetangga Moldova, Blinken mengatakan Washington sedang mempertimbangkan bagaimana mereka dapat mengisi kembali pesawat untuk Polandia, jika Warsawa memutuskan untuk memasok pesawat tempurnya ke Ukraina.

Putin mengatakan dia menginginkan Ukraina yang “di-demiliterisasi,” “di-denazifikasi” dan netral, dan pada hari Sabtu menyamakan sanksi Barat “dengan deklarasi perang.”

Barat, yang menyebut alasan Putin untuk menyerang tidak berdasar, telah memperluas upaya untuk mempersenjatai kembali Ukraina, mengirimkan barang-barang dari rudal Stinger ke senjata anti-tank. Tetapi Washington dan sekutu NATO-nya telah menolak permohonan Ukraina untuk zona larangan terbang, dengan mengatakan itu akan meningkatkan konflik di luar perbatasan Ukraina.

Warga Ukraina mengungsi terus mengalir ke Polandia, Rumania, Slovakia, dan tempat lain. PBB mengatakan lebih dari 1,5 juta telah melarikan diri dalam krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Sanksi Barat telah mendorong banyak perusahaan untuk keluar dari investasi di Rusia, sementara beberapa bank Rusia telah ditutup dari sistem pembayaran keuangan global, menurunkan rubel dan memaksa Moskow untuk menaikkan suku bunga.

Pada hari Minggu, American Express Co. mengatakan pihaknya menangguhkan semua operasi di Rusia dan Belarusia. Aplikasi berbagi video TikTok mengatakan telah menangguhkan streaming langsung dan pengunggahan konten baru ke layanannya di Rusia.

Berbicara di acara "Meet the Press" NBC, Blinken mengatakan Amerika Serikat dan mitra Eropa sedang menjajaki pelarangan impor minyak Rusia, tetapi menekankan pentingnya pasokan minyak yang stabil secara global. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home