Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:39 WIB | Rabu, 06 Juli 2016

Putin Tekankan Rusia Butuh Aturan Anti Doping

Ilustrasi: Juru Bicara Kepresidenen Rusia, Dmitry Peskov (kiri) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin (kanan). (Foto: cnn.com).

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam olahraga saat ini dibutuhkan undang-undang atau aturan yang tegas tentang penyalahgunaan doping, dan apabila otoritas berwenang melakukan penyelidikan maka harus dilakukan berdasarkan fakta.

Putin menyebut aturan tentang doping dalam olahraga perlu ditegakkan demi meningkatkan tanggung jawab dan profesionalisme pelaku olahraga.

“Sehingga pihak berwajib dapat membiarkan penegak hukum melakukan investigasi dan mengumumkannya ke publik bila menemukan  penggunaan dan zat doping dalam seorang atlet,” kata Putin seperti diberitakan Russian Today, hari Selasa (5/7).

Komentar Putin datang setelah ada atlet Rusia – yang tidak disebutkan namanya – mengatakan Rusia seharusnya bersyukur karena Badan Anti Doping Dunia (WADA) menyelidiki tentang doping yang terjadi pada petenis putri Maria Sharapova, dan cabang atletik.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko menulis surat terbuka kepada kepala Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF)  Sebastian Coe bahwa olahraga Rusia bersih dari doping, dan tidak seperti yang anggapan dunia internasional yang menyebut bahwa doping dibiayai oleh negara. 

”Saya yakin atlet Rusia bukan satu-satunya yang harus dihukum karena masalah doping,” tulis Vitaly Mutko.

Mutko merasa yakin saat ini terdapat atlet Rusia yang benar-benar bersih dari doping, sehingga atlet tersebut dapat berlaga di Olimpiade tanpa harus menjalani sanksi larangan berlomba dari IAAF dan WADA.

Mutko menyebut atlet tersebut biasanya tidak berdomisili di Rusia, dan mengikuti aturan olahraga negara tempat tinggalnya.

(rt.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home