Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 19:28 WIB | Kamis, 13 Oktober 2022

Qatar Menghadapi Kritik Kesejahteraan Menjelang Piala Dunia 2022

CEO Qatar 2022, Nasser Al Khater berbicara kepada media selama konferensi pers “Road to 2022 Fan Journey Update” di Doha, Qatar, 8 September 2022. (Foto: dok. Reuters)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Ketua Panitian Piala Dunia sepak Bola Qatar mengatakan kepada asosiasi sepak bola Inggris dan Welsh untuk fokus pada tim mereka daripada mengkritik kesejahteraan migran dan undang-undang di negaranya, Sky News melaporkan pada hari Kamis (13/10).

Dalam sebuah wawancara di ibu kota Qatar, Doha, Nasser al-Khater juga mengatakan kepada platform berita bahwa kritik terus-menerus terhadap turnamen dapat dianggap rasis.

Turnamen sepak bola terbesar dimulai pada 20 November, menandai pertama kalinya turnamen FIFA diselenggarakan oleh negara Timur Tengah, dan penggemar dari dalam kawasan dan di seluruh dunia bersiap-siap untuk aksi olah raga selama sebulan.

Ini menandai puncak dari perjalanan 12 tahun sejak Qatar memenangkan pemungutan suara di FIFA, badan pengatur sepak bola internasional, untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

Namun, sekelompok negara Eropa, termasuk Inggris dan Wales, menyoroti keprihatinan tentang penderitaan pekerja migran dan mengklaim kekurangan dana kompensasi Qatar.

Al-Khater mengatakan kepada Sky News: “Banyak orang yang berbicara tentang masalah kesejahteraan pekerja ini… bukan ahli di industri ini. Dan mereka tidak ahli dalam apa yang mereka bicarakan.

“Dan saya merasa bahwa mereka merasa berkewajiban, bahwa mereka perlu berbicara. Saya pikir mereka perlu benar-benar membaca dan mendidik diri mereka sendiri sedikit lebih banyak tentang apa yang terjadi di lapangan di Qatar.”

Sebuah kelompok kerja UEFA tentang hak-hak buruh di Qatar mengadakan pembicaraan di markas besar FIFA di Swiss pada hari Rabu (12/10).

“Jadi, mari serahkan itu pada para ahli… dan mari kita fokus pada sepakbola. Biarkan administrator sepak bola fokus pada tim mereka.”

Di antara kekhawatiran lain tentang penggemar internasional yang mengunjungi negara Muslim itu, Qatar juga bersikeras bahwa mereka akan "terbuka dan toleran" selama turnamen 29 hari itu.

Al Arabiya melaporkan awal bulan ini bahwa poster yang dibagikan di media sosial yang meminta peserta Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar untuk 'menghindari berkencan dan minum alkohol' bukan dari sumber resmi dan berisi informasi yang salah secara faktual, kata panitia penyelenggara acara.

Poster, yang disebarkan dalam bahasa Inggris dan Arab, memperingatkan pemegang tiket untuk “mencerminkan rasa hormat Anda terhadap agama dan budaya orang Qatar” dengan menghindari perilaku seperti minum alkohol, ketidaksopanan, kata-kata kotor, tidak menghormati tempat ibadah, musik dan suara keras, berkencan, dan mengambil gambar orang tanpa izin mereka.”

Namun, Komite Tertinggi Warisan di Qatar di akun resminya mengatakan bahwa ini bukan masalahnya, dengan mengatakan: “Penyelenggara turnamen sudah jelas sejak awal bahwa setiap orang dipersilakan untuk mengunjungi Qatar dan menikmati Piala Dunia FIFA 2022. ”

“Qatar selalu menjadi negara yang terbuka, toleran, dan ramah. Fans dan pengunjung internasional selama Piala Dunia FIFA akan merasakan pengalaman ini secara langsung.” Al-Katar mengatakan ini dalam wawancaranya dengan Sky News.

“Yang kami minta adalah agar orang-orang menghormati budaya,” katanya. “Pada akhirnya, selama Anda tidak melakukan apa pun yang merugikan orang lain, jika Anda tidak merusak properti publik, selama Anda berperilaku dengan cara yang tidak berbahaya, maka semua orang dipersilakan dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.”

Meskipun al-Khater mengatakan penggemar dapat menampilkan bendera pelangi, dia mengatakan "ini masalah FIFA" apakah persetujuan diberikan untuk Harry Kane, kapten Inggris, dan Gareth Bale, rekan Welsh-nya, untuk mengenakan ban lengan "One Love" warna-warni yang menyoroti diskriminasi.

“Dari apa yang saya pahami, ada diskusi yang terjadi tentang berbagai pesan politik yang akan terjadi,” kata al Khater.

Dia menambahkan: “Ini adalah turnamen olahraga yang orang ingin datang dan nikmati. Mengubahnya menjadi platform pernyataan politik yang menurut saya tidak tepat untuk olahraga ini.”

Fans akan menghadiri pertandingan di delapan stadion baru yang dibangun di sekitar Doha. Akomodasi tetap tersedia melalui penyelenggara, tetapi 95 persen tiket telah terjual, kata al-Khater.

Untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, Qatar harus membuka lebih banyak area untuk penjualan minuman beralkohol, termasuk di luar stadion dan di zona penggemar, daripada menampungnya di dalam bar hotel.

Bir akan tersedia untuk penggemar setelah pukul 18:30 di zona penggemar, sebelum dan sesudah pertandingan di kompleks stadion, dan pada malam hari hanya di “Festival Penggemar” resmi yang diadakan di taman pusat kota Doha. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home