Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 08:52 WIB | Jumat, 25 September 2015

Raja Salman Minta Penyelidikan Segera Insiden Mina

Raja Arab Saudi, Salman, hari Kamis (24/9) menyampaikan pidato dan belasungkawa di televisi atas kejadian di MIna yang menyebabkan sedikitnya 700 jemaah meninggal dalam rangkaian ibadah haji. (Foto: Al Arabiya)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM – Raja Arab Saudi Salman meminta dilakukan penyelidikan segera terhadap insiden berdesak-desakan dalam ibadan haji di Mina pada hari Kamis (24/9). Dia menyampaikan dalam pidato di televisi, seperti dikutip situs Al Arabiya.

Raja Salman hari Kamis itu juha menyampaikan belasungkawa terhadap keluarga korban yang disebutnya insiden itu menyebabkan meningglnya lebih dari 700 jemaah.

Selain itu, Raja Salman juga mengatakan akan meninjau kembali rencana negara dalam kaitan dengan penyelenggaraan haji.

Disebutkan insiden itu sebagai menyakitkan di mana 700 lebih orang meninggal dan setidaknya 863 lainnya luka-luka yang terjadi di pesimpangan di Jalan 204 di kamp di Mina, beberapa kilometer sebelah timur dari Makkah.

Pada konferensi pers sebelum magrib hari Kamis (24/9), juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Mayjen. Mansour al-Turki, mengatakan kepada wartawan bahwa jalan di mana kekacauan berlangsung terdapat begitu banyak jumlah jemaat, dan hal ini sebelumnya belum pernah terjadi sebanyak itu.

Turki mengatakan penyelidikan akan menemukan apa yang menyebabkan banyaknya jumlah yang berkumpul di lokasi bencana itu. "Alasan untuk itu belum diketahui," katanya dalam konferensi pers di Mina.

Sementara itu, pemerinth Amerika Serikat pada hari Kamis (24/9) menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah Arab saudi dan keluarga korban atas insiden itu yang disebukan memilukan karena korban meninggal akibat terinjak-injak.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home