Loading...
DUNIA
Penulis: Christine Putri 00:00 WIB | Selasa, 19 Maret 2013

Rajo Verma, Wanita dengan 5 Suami

Rajo Verma, Wanita dengan 5 Suami
Rajo Verma bersama anak dan lima suaminya (dok.thesun.co.uk)
Rajo Verma, Wanita dengan 5 Suami

INDIA - Rajo Verma adalah seorang wanita yang bersuamikan lima orang pria yang masih memiliki hubungan saudara. Mereka tinggal bersama-sama dalam sebuah keluarga besar, dan setiap malamnya sang wanita tidur bergantian dengan semua suaminya.

Awalnya Rajo, 21 tahun, merasa tidak nyaman dengan situasi pernikahan poliandrinya itu. “Memang terasa aneh, namun lama kelamaan semuanya berjalan normal.  Namun aku tidak membeda-bedakan perlakukanku kepada suami-suamiku.”

Bahkan Rajo sendiri mengaku tidak tahu siapa ayah dari anak laki-lakinya, Jay,  yang kini sudah berusia 18 bulan.

Kehidupan Rajo yang tidak biasa ini dimulai saat dia menikah dengan Guddu dalam pernikahan adat ala Hindu 4 tahun yang lalu. Namun, Rajo tidak hanya bersuamikan Guddu saja, melainkan juga menjadi istri dari 4 saudara Guddu yang lain yakni Baiju 32 tahun, Sant Ram 28 tahun, dan yang termuda adalalah Dinesh, 19 tahun. Mereka semua tinggal dalam satu rumah. Mereka tidak tidur di ranjang yang berbeda-beda, namun beralaskan selimut di atas lantai.

“Kami berganti-gantian tidur dengan Rajo setiap malamnya, namun kami tidak meributkan hal tersebut, apalagi cemburu, karena kami adalah keluarga besar yang bahagia.” Tutur Guddu.

Rajo sendiri kini tidak memusingkan pernikahan tersebut. Ia berkata bahwa ibunya juga dulu menikahi tiga orang pria, yang semuanya masih memiliki hubungan saudara.

“Aku bahkan mendapat perhatian yang jauh lebih besar dari suami-suamiku, jika dibandingkan dengan wanita lain di dunia.”

Poliandri sebagai tradisi kuno

Tradisi unik ini dapat dijumpai di sebuah desa kecil dekat kota Dehradun, India bagian utara. Dalam tradisi ini, dikatakan bahwa seorang wanita yang menikahi seorang pria yang memiliki saudara laki-laki, maka dia juga akan bersuamikan semua saudara laki-laki yang dimiliki oleh suami pertamanya itu.

Diyakini praktek poliandri ini berasal dari epik India, Mahabharata. Dikisahkan bahwa Draupadi, anak perempuan dari Raja Pancha, menikahi 5 orang pria yang bersaudara.

Dahulunya, pernikahan poliandri antara saudara kandung suami ini, adalah sesuatu yang lazim dilakukan, namun kini hanya beberapa kalangan minoritas yang masih tetap mempraktekannya. Biasanya tradisi tersebut dapat dijumpai opada desa-desa yang mayoritas penduduknya kebanyakan pria. Tradisi ini mengikat, dan memiliki sanksi berat bagi suami yang tidak menurutinya. Dia bisa dikucilkan dan diusir dari desa.

Pernikahan poliandri memang bukanlah sesuatu yang legal di India, tetapi selama pernikahan itu dilakukan dengan pria-pria yang masih berasal dari keluarga yang sama, maka hal tersebut dijinkan.

(thesun.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home