Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:26 WIB | Selasa, 09 April 2024

Ratusan Juta Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Amerika Utara

Ratusan Juta Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Amerika Utara
Warga masyarakat menyaksikan gerhana matahari total di Mazatlan, Meksiko, hari Senin, 8 April 2024. (Foto: AP/Fernando Llano)
Ratusan Juta Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Amerika Utara
Gerhana matahari total terlihat di atas Menara Eiffel Paris di Paris, Texas, Senin, 8 April 2024. (Foto: AP/Tony Gutierrez)
Ratusan Juta Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Amerika Utara
Gerhana matahari total terlihat dari Arlington, Texas, Senin 8 April 2024. (Foto: AP/Julio Cortez)

MESQUITE-TEXAS, SATUHARAPAN.COM-Kegelapan tengah hari yang dingin menyelimuti Amerika Utara pada hari Senin (8/4) ketika gerhana matahari total terjadi di seluruh benua, menggetarkan mereka yang cukup beruntung untuk menyaksikan tontonan tersebut melalui langit cerah.

Lampu jalan berkedip dan planet-planet mulai terlihat, saat bulan menyelimuti matahari selama beberapa menit melintasi daratan. Anjing melolong, katak bersuara dan beberapa orang menangis, semua ini merupakan bagian dari mania gerhana yang melanda Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

Hampir semua orang di Amerika Utara dapat melihat setidaknya gerhana sebagian, jika cuaca memungkinkan.

Ini adalah jumlah penonton gerhana terbesar yang pernah ada di benua ini, dengan beberapa ratus juta orang tinggal di dalam atau dekat jalur bayangan tersebut, ditambah sejumlah warga luar kota yang berbondong-bondong datang untuk melihatnya. Dengan terjadinya gerhana dari pantai ke pantai berikutnya yang akan terjadi dalam 21 tahun ke depan, tekanan untuk menyaksikan gerhana ini semakin besar.

Awan menyelimuti sebagian besar Texas saat gerhana matahari total mulai melintasi daratan, dimulai di sepanjang pantai Pasifik yang sebagian besar bersih di Meksiko dan mengarah ke Texas dan 14 negara bagian AS lainnya, sebelum keluar ke Atlantik Utara dekat Newfoundland.

Di Georgetown, Texas, langit cerah tepat pada waktunya untuk memberikan pandangan yang jelas kepada penonton. Di tempat lain, gerhana bermain mengintip awan.

“Kami sungguh beruntung,” kata warga Georgetown, Susan Robertson. “Bahkan saat ada awan pun tetap menyenangkan, karena saat cuaca cerah, rasanya seperti, Wow!”

“Saya tidak akan pernah melewatkan ini,” kata Ahmed Husseim dari Austin, yang telah mencatat gerhana di kalendernya selama setahun.

Tepat di sebelah timur Dallas, ratusan orang yang berkumpul di pusat kota Mesquite bersorak dan bersiul saat awan terbelah di menit-menit terakhir sebelum bencana terjadi. Ketika matahari akhirnya terselubung, kerumunan orang semakin ramai, melepas kacamata gerhana mereka untuk menikmati pemandangan yang tak terlupakan dari korona matahari, atau atmosfer luar yang runcing, dan Venus bersinar cemerlang di sebelah kanan.

Menjelang tontonan hari Senin, New England bagian utara hingga Kanada memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan langit cerah, dan hal itu tidak berubah. Holly Randall, yang menyaksikan dari Colebrook, New Hampshire, mengatakan mengalami gerhana di luar dugaannya.

“Saya tidak menyangka akan menangis saat melihatnya,” katanya sambil air mata mengalir di wajahnya.

Pertunjukan tersebut dimulai di Pasifik sebelum tengah hari EDT. Saat kegelapan totalitas mencapai kota resor Mazatlán di Meksiko, wajah para penonton hanya disinari oleh layar ponsel mereka.

Ketidakpastian cuaca menambah drama ini. Namun langit mendung pada pagi hari di Mesquite tidak mengganggu Erin Froneberger, yang sedang berada di kota untuk urusan bisnis dan membawa kacamata gerhananya.

“Kami selalu terburu-buru, terburu-buru, terburu-buru,” katanya. “Tetapi ini adalah peristiwa yang kita dapat mengambil waktu sejenak, beberapa detik untuk mewujudkannya dan menerimanya.”

Sebuah festival di luar Austin ditutup pada Senin pagi karena ancaman badai pada sore hari. Penyelenggara festival mendesak semua orang untuk berkemas dan pergi.

Penonton gerhana di Niagara Falls State Park harus puas dengan kegelapan, namun tidak ada pemandangan corona yang menakjubkan. Saat orang-orang keluar dari taman sekitar satu jam kemudian, matahari mulai bersinar.

Saya akan memberikannya nilai 6 dari 10,” kata Haleigh Thibodeau, yang melakukan perjalanan dari Buxton, Maine, bersama ibunya.

Di Rushville, Indiana, lampu jalan menyala saat kegelapan mulai turun, mengundang sorak-sorai dan tepuk tangan dari warga yang berkumpul di beranda dan trotoar.

Bagi sebagian orang, hari gerhana juga merupakan hari pernikahan mereka. Pasangan mengucapkan sumpah dalam upacara massal di sebuah taman di Trenton, Ohio.

Louis berada di luar totalitas, namun hal itu tidak menghentikan warga untuk menyaksikan pemandangan dari Sungai Mississippi dengan menaiki Tom Sawyer, perahu sungai beroda. “Saya hampir lebih menikmatinya karena warnanya tidak menjadi hitam,” kata penumpang Jeff Smith dari St. Louis.

Selama gerhana penuh pada hari Senin, bulan tergelincir tepat di depan matahari, menghalangi matahari sepenuhnya. Senja yang dihasilkan, dimana hanya atmosfer luar matahari atau corona yang terlihat, cukup lama untuk membuat burung dan hewan lain terdiam, dan planet serta bintang muncul.

Di Kebun Binatang Fort Worth, Adam Hartstone-Rose, peneliti dari North Carolina State University, mengatakan sebagian besar hewan relatif tenang. Seekor gorila memanjat ke atas tiang dan berdiri di sana selama beberapa detik, kemungkinan besar sebagai tanda kewaspadaan.

“Tidak ada seorang pun yang melakukan perilaku gila,” katanya.

Kegelapan yang tidak sinkron berlangsung hingga 4 menit 28 detik. Itu hampir dua kali lipat lebih lama dibandingkan saat gerhana pantai-ke-pantai di AS tujuh tahun lalu karena jarak bulan lebih dekat ke Bumi.

Hanya dibutuhkan waktu 1 jam 40 menit bagi bayangan bulan untuk menempuh jarak lebih dari 4.000 mil (6.500 kilometer) melintasi benua.

Jalur totalitas — lebarnya sekitar 115 mil (185 kilometer) — kali ini mencakup beberapa kota besar, termasuk Dallas; Indianapolis; Cleveland; Kerbau, New York; dan Montreal. Diperkirakan 44 juta orang tinggal di dalam jalur tersebut, dan beberapa ratus juta lainnya berada dalam jarak 200 mil (320 kilometer).

“Ini mungkin aster yang paling banyak dilihatperistiwa ekonomis dalam sejarah,” kata kurator Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Nasional Teasel Muir-Harmony, yang berdiri di luar museum di Washington, menunggu gerhana sebagian.

Para ahli dari NASA dan sejumlah universitas ditempatkan di sepanjang rute tersebut, meluncurkan roket penelitian dan balon cuaca, serta melakukan eksperimen.

Sensasi surgawi hari Senin ini memiliki arti khusus bagi Fallon Vahani, yang mengikuti aksi dari Indianapolis Motor Speedway. Buta sejak lahir, warga Indianapolis berusia 44 tahun ini menggerakkan ujung jarinya ke pembaca tabel Braille, merasakan benjolan plastik kecil berdenyut saat menelusuri jalur bulan. Dia mendengarkan siaran radio tentang gerhana tahun 2017 dan sangat ingin mencoba metode baru ini.

“Saya sangat gembira ketika saya akhirnya bisa memahami apa yang dibicarakan orang lain,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home