Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:30 WIB | Jumat, 09 Februari 2024

Amerika Utara Akan Saksikan Gerhana Matahari Total 8 April Mendatang

Blake Davis, (10 Tahun) dari Florida menggunakan kacamata khusus untuk menyaksikan gerhana matahari pada 21 Agustus 2017. (Foto: dok. AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Gerhana matahari total, yaitu ketika sinar matahari terhalang oleh bulan, akan kembali terjadi di seluruh Amerika Utara. Peristiwa langka ini diperkirakan akan mengubah siang menjadi seperti malam selama gerhana matahari total berlangsung.

Puncak tontonan itu diperkirakan terjadi pada tanggal 8 April akan berlangsung hingga empat menit, 28 detik di jalur kegelapan total, dua kali lebih lama dari gerhana matahari total yang meredupkan langit Amerika Serikat pada tahun 2017.

Gerhana ini akan mengambil rute yang berbeda dan terlihat pada wilayah yang lebih padat penduduknya, melewati pantai Pasifik Meksiko, melewati Texas dan Oklahoma, dan melintasi Midwest, Atlantik Tengah, dan New England, sebelum keluar melalui Kanada bagian timur menuju Atlantik.

Diperkirakan 44 juta orang tinggal di dalam jalur totalitas selebar 115 mil (185 kilometer) yang membentang dari Mazatlán, Meksiko hingga Newfoundland; sekitar 32 juta di antaranya berada di AS, sehingga menjamin jalanan macet untuk menikmati sensasi surgawi yang wajib disaksikan.

Gerhana ini akan memungkinkan banyak orang untuk ikut serta dalam “keajaiban alam semesta tanpa pergi terlalu jauh,” kata manajer program gerhana NASA, Kelly Korreck.

Inilah yang perlu diketahui tentang ekstravaganza bulan April dan cara mempersiapkannya:

Apa Yang Terjadi Ketika Gerhana Matahari Total?

Bulan akan sejajar sempurna antara bumi dan matahari, sehingga menghalangi sinar matahari. Dibutuhkan waktu kurang dari 2 1/2 jam bagi bayangan bulan untuk memotong garis diagonal dari barat daya ke timur laut melintasi Amerika Utara, sehingga secara singkat membuat masyarakat di sepanjang jalur tersebut berada dalam kegelapan.

Lima belas negara bagian AS akan mendapatkan bagian dari peristiwa tersebut, meskipun dua di antaranya, Tennessee dan Michigan, hanya sedikit.

Di antara kota-kota yang ikut serta dalam aksi tersebut: Dallas; Arkansas; Indianapolis, Cleveland, Ohio, New York; dan Montreal, menjadi tempat terjadinya gerhana terbesar di benua ini.

Namun demikian, hampir semua orang di benua Amerika Utara ini dapat menyaksikan setidaknya gerhana sebagian. Semakin jauh dari jalur totalitas, maka “gigitan” bulan terhadap matahari akan semakin kecil. Di Seattle dan Portland, Oregon, sejauh yang bisa Anda capai di benua AS, sepertiga matahari akan ditelan.

Mengapa Hergana Total Lebih Lama?

Berkat keberuntungan kosmik, bulan akan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi sehari sebelum gerhana matahari total. Artinya, jarak bulan hanya 223.000 mil (360.000 kilometer) pada hari gerhana.

Bulan akan tampak sedikit lebih besar di langit karena jaraknya yang sangat dekat, sehingga menyebabkan kegelapan yang terhalang sinar matahari dalam jangka waktu yang sangat lama.

Terlebih lagi, Bumi dan bulan akan berjarak 93 juta mil (150 juta kilometer) dari matahari pada hari itu, yang merupakan jarak rata-rata.

Ketika bulan yang lebih dekat berpasangan dengan matahari yang lebih jauh, totalitas dapat berlangsung selama 7 1/2 menit. Terakhir kali dunia menyaksikan total waktu lebih dari tujuh menit adalah pada tahun 1973 di Afrika. Hal ini tidak akan terjadi lagi sampai tahun 2150 di Pasifik.

Bagaimana Menyaksikan Gerhana Matahari Secara Aman?

Kacamata hitam tidak akan cukup. Kacamata gerhana khusus sangat penting untuk mengamati matahari dengan aman saat bulan melintasi langit pagi dan sore hari, menutupi lebih banyak dan lebih sedikit bintang kita.

Selama totalitas ketika matahari sepenuhnya terselubung, boleh saja melepas kacamata dan melihat dengan mata telanjang. Namun sebelum dan sesudahnya, kacamata gerhana bersertifikat sangat penting untuk menghindari kerusakan mata. Pastikan saja tidak tergores atau robek.

Kamera, teropong, dan teleskop harus dilengkapi dengan filter surya khusus agar penglihatan aman. Intinya: Jangan pernah melihat sinar matahari tanpa perlindungan yang tepat setiap hari sepanjang tahun.

Berbagai Acara Digelar

Kota-kota yang berada di jalur totalitas mengadakan pesta-pesta bintang. Festival, balapan, retret yoga, lingkaran drum, dan banyak lagi akan digelar di museum, tempat pekan raya, taman, stadion, kilang anggur, tempat pembuatan bir, dan bahkan salah satu bioskop drive-in tertua di Ohio dan Indianapolis Motor Speedway.

Selain melihat ke atas, Anda dapat menghadiri “prom luar angkasa” di Texas Hill Country, menikah pada upacara bertema gerhana di Tiffin, Ohio, dan Russellville, Arkansas, atau mempelajari sejarah perjalanan bulan di Armstrong Air and Space Museum di Wapakoneta, Ohio, kampung halaman Neil Armstrong.

Saat gerhana terjadi, NASA akan meluncurkan roket kecil dengan instrumen sains ke atmosfer bagian atas dari Virginia dan mengejar bayangan totalitas dari pesawat di ketinggian. Satelit dan kru Stasiun Luar Angkasa Internasional akan berusaha menangkap pertunjukan tersebut dari luar angkasa.

Kapan Gerhana Matahari Berikutnya?

Gerhana matahari penuh terjadi setiap satu atau dua atau tiga tahun sekali, sering kali terjadi di wilayah antah berantah seperti Pasifik Selatan atau Antartika. Gerhana matahari total berikutnya, pada tahun 2026, akan terjadi di wilayah utara Greenland, Islandia, dan Spanyol.

Amerika Utara tidak akan mengalami totalitas lagi hingga tahun 2033, dengan Alaska yang akan terkena dampak totalitas. Itupun sampai tahun 2044, ketika totalitas akan terbatas pada Kanada Barat, Montana, dan Dakota Utara.

Tidak akan ada lagi gerhana di AS, yang membentang dari pantai ke pantai, hingga tahun 2045. Gerhana tersebut akan membentang dari California Utara hingga Cape Canaveral, Florida.

Selain Carbondale, Illinois, di garis bidik kedua th Pada gerhana tahun 2017 dan 2024, biasanya diperlukan waktu 400 hingga 1.000 tahun sebelum gerhana total kembali ke tempat yang sama, menurut Korreck NASA. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home