Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:52 WIB | Minggu, 18 Februari 2018

Rencana Penetapan Upacara Turun Takhta Kaisar Jepang

Kaisar Akihito dari Jepang dan Kaisarina Michiko dalam kunjungan ke Hue, Vietnam, Maret 2017. (Foto: AP/PTI/dailyworld.in)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Jepang akan memutuskan secepatnya pada bulan depan mengenai perincian upacara turun takhta Kaisar Akihito tahun depan.

Pemerintah berencana menyusun kebijakan dasar bagi serangkaian ritual yang terkait dengan turun takhta, dan penyerahan takhta kepada Putra Mahkota Naruhito. Pemerintah telah membentuk panitia persiapan dan tengah meminta pendapat dari para ahli.

Undang- Undang Rumah Tangga Kekaisaran mencakup undang-undang mengenai upacara penyerahan takhta Putra Mahkota Naruhito. Tetapi tidak ada ketentuan hukum terkait turun takhta Kaisar Akihito.

Dengan demikian, pemerintah berencana memutuskan dalam rapat Kabinet, secepatnya pada bulan depan, bahwa upacara turun takhta akan diselenggarakan sebagai acara kenegaraan berdasarkan Konstitusi.

Pemerintah Jepang tengah melanjutkan rencana untuk mengadakan upacara tersebut pada tanggal 30 April 2019, saat Kaisar Akihito turun takhta.

Pemerintah tengah mengatur sebuah acara bagi Kaisar Akihito untuk berpidato. Sebagian masyarakat ingin mendengar pidato tersebut agar masyarakat berkesempatan mengenang tiga dekade bersama Kaisar Akihito, yang menjabat sebagai simbol negara. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home