Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:00 WIB | Selasa, 06 Oktober 2015

Republik Cek Kirim Pasukan ke Hungaria

Menteri Pertahanan Republik Cek Martin Stropnicky. (Foto: AFP)

PRAHA, SATUHARAPAN.COM – Republik Cek pada hari Senin (5/10) mengumumkan akan mengirim pasukan dan peralatan militer mereka ke Hungaria untuk membantu mengamankan perbatasan Eropa dalam menghadapi masuknya gelombang besar migran yang akan masuk ke negara itu.

“Sekitar 25 tentara akan ditempatkan di Hungaria – merupakan jalur masuk utama imigran ke Uni Eropa – mulai 15 Oktober hingga 15 Desember," kata Menteri Pertahanan Republik Cek Martin Stropnicky kepada wartawan.

Praha juga akan mengirim peralatan teknik, kata dia menambahkan.

Sepanjang tahun ini, sekitar 300.000 pengungsi perang dan kemiskinan dari Suriah secara masif pergi menuju Eropa Barat melintasi batas negara tersebut.

Untuk mencegah para imigran memasuki zona bebas paspor Schengen Eropa, pemerintahan konservatif Hongaria membangun kawat berduri di sepanjang perbatasan dengan negara non-UE Serbia dan saat ini memasang pagar semacam itu di perbatasan dengan Kroasia.

“Semakin banyak politikus UE yang menyinggung perlunya menjaga perbatasan eksternal area Schengen… tetapi masih bungkam mengenai caranya,” tulis Stropnicky pada Senin di akun Twitter-nya.

“Kami tidak akan menunggu dan akan membantu rakyat Hongaria,” tambahnya. (defensenews.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home