Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 15:30 WIB | Senin, 20 Juli 2015

Rhoma Irama: Umat Islam Jangan Terprovokasi Peristiwa Tolikara

Ilustrasi: Ketua Umum Partai Idaman (Islam Damai Aman) Rhoma Irama (tengah) menyampaikan pidato saat deklarasi Partai Idaman di Jakarta, Sabtu (11/7). Meski membawa nama Islam, Partai Idaman merupakan partai nasionalis dengan slogannya yakni menampilkan citra Islam yang rahmatan lil alamin dan membangun Indonesia yang Pancasilais. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Forum Silaturrahmi Ta`mir Masjid Musholla Indonesia (Fahmi Tamami) Rhoma Irama meminta agar seluruh umat Islam di Indonesia tidak terprovokasi terkait peristiwa yang terjadi di kabupaten Tolikara, Papua, pada Jumat (17/7) lalu.

“Sebagai Ketua Forum Silaturrahmi, saya minta seluruh umat muslim tidak terprovokasi dan bersikap overreaktif terkait peristiwa di Tolikara," kata Rhoma dalam konferensi pers yang digelar di Masjid Khusnul Khatimah, Jakarta Selatan, Senin (20/7).

Menurut dia, doktrin Islam mengajarkan agar seluruh umat saling menghormati dan menghargai, baik sesamanya maupun dengan agama lain, serta menciptakan persatuan dan kesatuan.

Dalam konteks bangsa dan negara, ujar dia, seluruh umat harus mampu mewujudkan kerukunan umat beragama yang bersifat heterogen, tanpa membedakan budaya, bahasa dan agama tiap-tiap orang.

“Oleh karena itu, kepada seluruh umat Islam, begitu juga umat Kristen supaya tidak melakukan provokasi, sehingga malah semakin memperburuk keadaan. Mari kita jaga kembali kerukunan umat beragama," kata Rhoma.

Selain mengimbau umat kristen dan umat islam agar tidak terprovokasi dan overreaktif, dia juga meminta kepada pemerintah untuk menegakkan hukum seadil-adilnya terkait peristiwa Tolikara.

“Peristiwa Tolikara harus diselesaikan sampai tuntas, sehingga kerukunan umat beragama dapat diwujudkan," kata Rhoma.

Lebih lanjut, dia meminta agar pemerintah segera memberikan pertolongan terhadap orang-orang yang menjadi korban dalam peristiwa Tolikara dan membangun kembali mushala yang telah dibakar.

“Mohon peristiwa ini segera ditangani," tutur Rhoma. (Ant)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home