Loading...
INDONESIA
Penulis: Bob H. Simbolon 15:51 WIB | Kamis, 21 Juli 2016

RI Angkat Isu IUU Fishing dan Terorisme di AMM Laos

Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan Kementerian Luar Negeri, Derry Aman di kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada hari Kamis (21/7) (Foto: Bob H Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Luar Negeri‌ Republik Indonesia akan mengangkat isu IUU Fishing dan aksi terorisme di ASEAN Ministerial Foreign Minister Meeting (AMM) ke-49 atau pertemuan tingkat Menteri se-ASEAN.

"Kami akan membawa beberapa poin pada pertemuan AMM ASEAN di Laos antara lain pemberantasan IUU Fishing, terorisme dan buruh mingran," kata Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan Kementerian Luar Negeri, Derry Aman, di kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada hari Kamis (21/7).

IIU Fishing adalah singkatan dari Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing, yang secara harfiah dapat diartikan sebagai kegiatan perikanan yang tidak sah, tidak dilaporkan pada institusi pengelola perikanan yang berwenang, dan kegiatan perikanan yang belum diatur dalam peraturan yang ada

Di Laos, pemerintah juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan negara-negara ASEAN.

"Pada pertemuan AMM di Malaysia pada tahun lalu, Ibu Menteri melakukan pertemuan bilateral sebanyak 49 kali tetapi sampai saat ini belum ada pertemuan bilateral yang dijadwalkan," kata dia.

Dia juga mengatakan pembahasan isu Laut Cina Selatan,  Indonesia akan berusaha menghindari kegagalan tercapainya komunike bersama sebagaimana yang terjadi dalam pertemuan ASEAN - China beberapa waktu lalu di Kunming. 

"Yang perlu ditekankan adalah Indonesia akan terus berperan dalam isu LCS. Indonesia berkepentingan menjaga keutuhan LCS," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home