Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:21 WIB | Jumat, 23 Oktober 2015

RI-Australia Bahas Kunjungan PM Turnbull ke Indonesia

Julie Bishop (kanan) dan Retno Marsudi (foreignminister.org.au)

PADANG, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menlu Australia, Julie Bishop melakukan pertemuan bilateral di Padang, Sumatera Barat, hari Jumat (23/10), salah satunya untuk membahas kunjungan Perdana Menteri Malcolm Turnbull ke Indonesia.

"Kami membahas rencana kunjungan perdana menteri Australia yang baru dan sekarang kita sedang mencari waktu yang tepat karena rencananya beberapa menteri juga akan turut berkunjung ke Indonesia," kata Menlu Retno Marsudi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Bishop.

Menlu Bishop mengatakan pihaknya sangat menantikan pertemuan kedua pemimpin negara untuk menindaklanjuti pembicaraan yang positif dan konstruktif antara PM Turnbull dan Presiden Joko Widodo sesaat setelah Turbull resmi menjabat.

"Kami harap PM Turnbull bisa mengunjungi Indonesia tahun ini dan kami menantikan pertemuan kedua pemimpin untuk menindaklanjuti pembicaraan antara keduanya yang positif dan konstruktif, serta untuk melanjutkan kerja sama sebagai tetangga, teman, dan pemain di kawasan dan global," kata dia.

Selain membicarakan rencana kunjungan PM Turnbull, kedua menlu juga membahas kunjungan Menteri Perdagangan dan Investasi Andrew Robb yang akan membawa serta sekitar 250 anggota delegasi bisnis ke Indonesia pada 17-20 November 2015.

Indonesia dan Australia juga menyepakati pertemuan "two plus two" antara menteri luar negeri dan menteri pertahanan kedua negara pada 21 Desember 2015.

Pertemuan bilateral kedua menlu Indonesia dan Australia dilakukan di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA) di Padang, di mana Australia merupakan mantan ketua IORA 2013-2015 dan Indonesia menjadi ketua baru di periode 2015-2017.

"Indonesia gembira untuk menjalankan keketuaan IORA dari Australia, dan kami berkomitmen untuk memajukan kerja sama IORA berdasarkan pada apa yang Australia telah kerjakan selama dua tahun terakhir," kata Menlu Retno. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home