Loading...
DUNIA
Penulis: Tya Bilanhar 17:05 WIB | Selasa, 02 Mei 2017

Ribuan Orang Berunjuk Rasa Menentang Korupsi di Madrid

Unjuk rasa menentang korupsi di Madrid. (Foto: theguardian.com)

MADRID, SATUHARAPAN.COM - Ribuan orang yang ikut serta dalam demonstrasi May Day di Madrid pada Senin (01/05) melampiaskan kemarahan mereka terhadap korupsi yang merajalela, ketika Partai Masyarakat (PP) yang berkuasa di Spanyol terlibat dalam sebuah skandal baru.

Jumlah tuduhan korupsi yang menimpa PP, partai lain, serikat pekerja dan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir membuat korupsi menjadi perhatian utama warga Spanyol setelah tingkat pengangguran tinggi, menurut beberapa jajak pendapat.

Dalam perkembangan terakhir, mantan presiden regional PP Madrid ditangkap bulan lalu sebagai bagian dari penyelidikan terhadap penggelapan uang publik.

Sebelumnya pada April, presiden PP dari wilayah tenggara Murcia juga terpaksa mengundurkan diri karena dia sedang diselidiki karena dugaan korupsi.

"Paling korup adalah (Mariano) Rajoy," tulis beberapa spanduk dalam demonstrasi May Day di alun-alun Puerta del Sol Madrid, merujuk pada perdana menteri konservatif.

"Ini masalah utama di negara ini," kata Jose Martin (59), seorang karyawan Bankia, sebuah bank yang dinasionalisasi selama krisis dan para mantan eksekutifnya dinyatakan bersalah karena menyalahgunakan dana.(Ant/AFP) 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home