Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:16 WIB | Kamis, 19 Agustus 2021

Ribuan Orang Minta AS Segera Evakuasi dari Afghanistan

Ribuan Orang Minta AS Segera Evakuasi dari Afghanistan
Ribuan orang berkumpul di dekat pesawat angkut C-17 Angkatan Udara AS di sebuah perimeter di bandara internasional di Kabul, Afghanistan, hari Senin, 16 Agustus 2021. (Foto: AP)
Ribuan Orang Minta AS Segera Evakuasi dari Afghanistan
Warga negara Inggris dan warga negara ganda yang tinggal di Afghanistan menaiki pesawat militer untuk evakuasi dari bandara Kabul, Afghanistan hari Senin, 16 Agustus 2021. (Foto: Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Perempuan muda terdidik, mantan penerjemah militer Amerika Serikat dan warga Afghanistan lainnya yang paling berisiko dari serangan Taliban meminta pemerintah Biden untuk membawa mereka ke penerbangan evakuasi ketika AS berjuang pada hari Rabu (18/8) untuk menertibkan kekacauan yang terus berlanjut di bandara Kabul.

Presiden Joe Biden dan pejabat tingginya mengatakan AS sedang bekerja untuk mempercepat evakuasi, tetapi tidak menjanjikan berapa lama itu akan berlangsung atau berapa banyak orang yang putus asa akan terbang ke tempat yang aman," kata Menteri Pertahanan, Lloyd Austin, kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa evakuasi akan berlanjut "sampai waktu habis atau kita kehabisan kemampuan."

Orang-orang Afghanistan dalam bahaya, karena pekerjaan mereka dengan militer AS atau organisasi AS, dan orang Amerika yang berjuang untuk mengeluarkan mereka, juga memohon kepada Washington untuk memotong birokrasi yang mereka katakan dapat membuat ribuan orang Afghanistan yang rentan jika pasukan AS mundur seperti yang direncanakan.

“Jika kita tidak menyelesaikan ini, kita benar-benar akan dikutuk orang sampai mati,” kata Marina Kielpinski LeGree, kepala organisasi nirlaba Amerika, Ascend. Rekan-rekan perempuan muda Afghanistan dari organisasi itu berada di antara kerumunan orang yang menunggu penerbangan di bandara setelah berhari-hari kekacauan, gas air mata, dan tembakan.

AS telah mengerahkan pasukan, pesawat angkut dan komandan untuk mengamankan bandara, mencari jaminan Taliban untuk perjalanan yang aman, dan meningkatkan pengangkutan udara yang mampu mengangkut antara 5.000 dan 9.000 orang per hari.

Wakil Menteri Luar Negeri, Wendy Sherman, menggambarkan upaya habis-habisan oleh pejabat AS untuk mengamankan warga Afghanistan dan sekutunya. "Ini adalah upaya semua dan kami tidak akan menyerah," kata Sherman pada konferensi pers Departemen Luar Negeri.

Tertutup Setelah 31 Agustus

Pejuang Taliban dan pos pemeriksaan mengelilingi bandara, penghalang bagi warga Afghanistan yang takut bahwa pekerjaan masa lalu mereka dengan orang Barat menjadikan mereka target utama kelompok tersebut. Orang Afghanistan yang berhasil melewati Taliban mencapai Amerika yang menjaga kompleks bandara, dan menyodorkan dokumen ke sekitar 4.500 tentara AS dalam catatan sementara.

Salah satu jendela terakhir pelarian dari Taliban mengancam akan ditutup ketika rencana penarikan Biden pada 31 Agustus selesai. “Orang-orang akan mati,” kata veteran Angkatan Udara, Sam Lerman. Dia mengatakan dia bekerja untuk membantu mantan kontraktor militer Afghanistan yang menerima email dari Departemen Luar Negeri yang menyuruhnya pergi ke bandara. Tetapi pasukan AS di pintu masuk ke bandara menolak pria Afghanistan itu pada hari Rabu, mengatakan kepadanya bahwa dia tidak memiliki dokumen yang tepat, kata Lerman.

Ratusan warga Afghanistan yang tidak memiliki dokumen atau janji penerbangan juga berkumpul di bandara, menambah kekacauan. Itu tidak membantu meskipun banyak pejuang Taliban buta huruf, dan tidak dapat membaca dokumen.

Hampir 6.000 orang telah dievakuasi oleh militer AS sejak hari Sabtu, kata seorang pejabat Gedung Putih pada Rabu (18/8) malam. Gejolak telah membuat warga Afghanistan bergegas ke landasan. Dalam satu contoh, beberapa tampaknya jatuh sampai mati saat berpegangan pada pesawat angkut C-17 Amerika yang akan berangkat.

AS menolak memberikan perkiraan berapa banyak warga AS yang tetap berada di Afghanistan dan membutuhkan pelarian.

Sekitar 100.000 warga Afghanistan mencari evakuasi melalui program visa AS yang dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada warga Afghanistan yang telah bekerja dengan orang Amerika, serta anggota keluarga, kata Rebecca Heller, kepala Program Bantuan Pengungsi Internasional yang berbasis di AS.

Organisasinya termasuk di antara mereka yang mendesak AS untuk segera meningkatkan pemrosesan visa. Heller mengatakan seorang klien Afghanistan memberi tahu dia tentang lima penerjemah Afghanistan yang dibunuh oleh Taliban dalam dua hari terakhir karena pekerjaan masa lalu mereka dengan orang Amerika.

Heller memainkan banding yang dia katakan telah direkam oleh klien perempuan Afghanistan yang namanya dirahasiakan untuk keselamatannya, telah menunggu selama tiga tahun untuk tindakan AS atas aplikasi visanya.

“Satu-satunya harapan yang saya miliki saat ini adalah pemerintah AS,” kata perempuan Afghanistan itu. “Tolong, pemerintah AS ... berhenti menjanjikan. Tolong, mulailah mengambil tindakan. Sesegera mungkin.”

Permohonan Visa Tertahan Bertahun-tahun

Pentagon mengatakan perwira senior militer AS, termasuk Laksamana Muda Angkatan Laut Peter Vasely, sedang berbicara dengan komandan Taliban tentang pos pemeriksaan dan jam malam Taliban yang membatasi jumlah orang Amerika dan Afghanistan yang dapat memasuki bandara.

Pemerintah AS mengirim email dalam beberapa hari terakhir yang memberi tahu beberapa warga negara Amerika, pemegang kartu hijau dan keluarga mereka, dan yang lainnya untuk datang ke bandara, dan bersiap untuk menunggu.

Biden membela keputusannya untuk mengakhiri misi tempur AS di Afghanistan yang dimulai setelah serangan 11 September 2001, dan menolak disalahkan atas kekacauan yang terjadi. Biden meletakkan tanggung jawab pada Afghanistan sendiri untuk pengambilalihan Taliban dan menimbulkan kepanikan untuk melarikan diri dari negara itu.

Tetapi kelompok-kelompok pengungsi mencatat permohonan visa mereka tertahan selama bertahun-tahun.

Sebuah operasi untuk menerbangkan mantan penerjemah Afghanistan AS dan lainnya yang proses visanya paling dekat dengan penyelesaian telah berhasil membawa hanya sekitar setengah dari 4.000 orang Afghanistan yang diprediksi sebelum pengambilalihan Taliban. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home