Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:05 WIB | Rabu, 18 Agustus 2021

Prototipe Pesawat Angkut Militer Rusia Tatuh ketika Uji Terbang

 Prototipe Pesawat Angkut Militer Rusia Tatuh ketika Uji Terbang
Foto yang diambil dari video yang disediakan oleh Dmitry Ovchinnikov, Pesawat angkut militer ringan baru Il-112V terbang di dekat lapangan terbang Kubinka sekitar 45 kilometer barat Moskow, Rusia, hari Selasa, 17 Agustus 2021. Sebuah prototipe Pesawat angkut militer jatuh saat melakukan uji terbang di luar Moskow pada hari Selasa. (Foto: Dmitry Ovchinnikov via AP)
 Prototipe Pesawat Angkut Militer Rusia Tatuh ketika Uji Terbang
Pesawat angkut militer ringan baru Il-112V terbang dengan api terlihat dari salah satu mesinya. (Foto: Dmitry Ovchinnikov via AP)
 Prototipe Pesawat Angkut Militer Rusia Tatuh ketika Uji Terbang
 Prototipe Pesawat Angkut Militer Rusia Tatuh ketika Uji Terbang
Pesawat angkut militer ringan baru, Il-112V, jatuh di kawasan hutan saat hendak mendarat di lapangan terbang Kubinka sekitar 45 kilometer barat Moskow. Terlihat kobaran api di lokasi jatuhnya pesawat. (Foto: Dmitry Ovchinnikov via AP)

MOSCOWSATUHARAPAN.COM-Sebuah prototipe pesawat angkut militer jatuh saat melakukan uji terbang di luar kota Moskow, Rusia pada hari Selasa 17/8), kata United Aircraft Corporation Rusia.

Pesawat angkut militer ringan baru, Il-112V, jatuh di kawasan hutan saat hendak mendarat di lapangan terbang Kubinka sekitar 45 kilometer (28 mil) barat Moskow, kata juru bicara perusahaan itu kepada kantor berita Tass.

Dua pilot uji dan seorang insinyur penerbangan berada di dalam pesawat, dan nasib mereka masih belum jelas, kata perusahaan itu. Operasi penyelamatan sedang berlangsung.

Outlet berita online Baza memposting video di salurannya di aplikasi Telegram tentang sebuah pesawat jatuh di hutan setelah salah satu mesinnya terbakar.

Polisi membuka penyelidikan kriminal atas insiden tersebut, seperti biasa dalam kasus-kasus seperti itu.

Pesawat itu terbang ke wilayah Moskow pekan lalu dan akan diresmikan di forum Angkatan Darat 2021 akhir bulan ini. Ini adalah pesawat angkut militer pertama yang dikembangkan di Rusia dari nol sejak Uni Soviet runtuh.

Il-112V memiliki mesin turboprop dan dirancang untuk mengangkut personel, peralatan militer, dan senjata. Pesawat ini mampu mengangkut hingga lima ton kargo.

Penerbangan pertama pesawat berlangsung pada Maret 2019, tetapi dilaporkan terlalu berat dan membutuhkan perbaikan. Pengujian Il-112V dilanjutkan pada Maret 2021.

Produksi serial Il-112V diharapkan akan dimulai pada 2023 di Voronezh Aviation Enterprise, yang dapat memproduksi hingga 12 pesawat seperti itu dalam setahun. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home