Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 08:30 WIB | Rabu, 29 Juli 2015

Rohingya pun Tidak Diterima di Bangladesh

Militer Bangladesh patroli diperbatasan Bangladesh-Myanmar. (Foto: Narinjara News Agency)

SATUHARAPAN.COM – Di Myanmar diusir karena beda etnis dan agama, etnis Rohingya mengungsi ke negara tetangga Bangladesh. Namun, di Bangladesh—dianggap serumpun etnis dan agama—pun mereka diusir.

Menara pengawas dan pagar keamanan di perbatasan antara Myanmar dan Bangladesh membuat perbatasan ini terlihat mustahil ditembus. Namun, ribuan Rohingya menyeberang ke Bangladesh setiap tahun. Rohingya adalah kelompok Muslim yang dianiaya di negara asal mereka di Rakhine di Myanmar. Kisah ini sudah berlangsung adalah lama tapi baru-baru ini meningkat. Pemerintah Myanmar tidak mengakui Rohingya—banyak dari etnis ini yang nenek moyangnya berasal dari Bengal selama masa kolonial Inggris—sebagai salah satu negara banyak etnis minoritas resmi. Ditolak oleh negaranya sejak tahun 1982, mereka hidup tanpa kewarganegaraan.

Menara Pengawas di Perbatasan Bangladesh-Myanmar. (Foto: Narinjara News Agency)

Di Myanmar Rohingya diperlakukan sebagai Bengali asing. Tapi mereka pun tidak diterima di Bangladesh. Sekitar 500.000 Rohingya sudah tinggal di Bangladesh sebelum gelombang terbaru pengungsi ini. Banyak yang datang dalam gelombang sebelumnya di tahun 1970-an dan 1990-an, ketika junta militer Myanmar mengusir mereka.

Tahun lalu perdana menteri Bangladesh, Sheikh Hasina, memerintahkan para pejabat untuk memukimkan kembali sekitar 30.000-an pengungsi yang tinggal di kamp-kamp dekat Cox Bazar, tempat wisata pantai terpanjang di dunia. Lokasi yang dipilih adalah sebuah pulau tandus di Teluk Bengal, yang disebut Thengar Char. Pulau ini dibentuk sekitar satu dekade lalu oleh sedimen Sungai Meghna, pertemuan Sungai Gangga dan sungai-sungai Brahmaputra. Pulau ini rawan banjir selama pasang musim semi. Pulau ini tidak muncul pada peta-peta.

“Ini adalah keinginan Perdana Menteri Sheikh Hasina agar kami merehabilitasi orang-orang Rohingya,” kata Mohammad Nazrul Huda, kepala polisi Hatiya, daerah terdekat yang masih dihuni di Thengar Char. Kota yang terletak sekitar 90 menit dengan speedboat. Huda meletakkan peta di mejanya dan menarik lingkaran mewakili Thengar Char. Hal ini, katanya, tempat yang “sangat baik” untuk Rohingya. Huda telah merekomendasikan kepada birokrat di kementerian rumah di Dhaka, ibu kota Bangladesh.

Ketua Upazila atau dewan distrik—sebesar kecamatan—Abu Hasnat Moyeenuddin, menerima surat dari pemerintah pusat tentang Rohingya. Salah satu ketentuan adalah bahwa lokasi baru bagi mereka harus “meminimalkan konflik antara Bangladesh dan Rohingya”. Apa kriteria seleksi? Jarak dari daratan sangat penting, kata Moyeenuddin.

   Baca juga:

Berita tentang relokasi yang direncanakan telah menyebar dengan cepat. Mohammad Ishtaq, seorang buruh di Hatiya, mengatakan Rohingya dipersilakan untuk menetap di Thengar Char, selama mereka tidak menyebabkan gangguan apa pun. Lainnya khawatir bahwa mereka mungkin memperburuk masalah pembajakan di perairan terdekat.

Orang-orang Rohingya sendiri melihat relokasi diusulkan untuk Thengar Char dengan kecurigaan yang mendalam. Hanya ada sedikit informasi tentang bagaimana mereka akan ditempatkan, atau siapa yang akan membayar relokasi. Akhir Mei lalu, Stina Ljungdell, perwakilan di Dhaka dari badan pengungsi PBB, mengatakan pemerintah belum secara resmi memberi tahunya tentang rencana ini. Dia menegaskan, “UNHCR tidak mau dikait-kaitkan dengan pemaksaan pemindahan pengungsi.” Namun relokasi konsisten dengan kebijakan lama Bangladesh, yaitu membuat negara ini setidak menarik mungkin sebagai tujuan untuk Rohingya. (economist.com)

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home